STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU BANJARPARAKAN RAWALO BANYUMAS JAWA TENGAH

ITQONUL IRFAN, NIM. 09480061 (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU BANJARPARAKAN RAWALO BANYUMAS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU BANJARPARAKAN RAWALO BANYUMAS JAWA TENGAH)
09480061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU BANJARPARAKAN RAWALO BANYUMAS JAWA TENGAH)
09480061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview

Abstract

Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Madrasah dikategorikan sebagai Sekolah Umum yang berciri khas Islam. Dimana Madrasah bukan lagi sekolah khusus keagamaan, tetapi telah menjadi sekolah umum berbasis Islam yang berati memiliki nilai plus dibandingkan dengan sekolah umum. Namun dalam kenyataanya madrasah di Indonesia dianggap kurang kompeten sehingga madrasah hanya dipandang sebelah mata dan minat terhadap madrasahpun sangat kurang. Berbeda dengan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Banjarparakan dimana masyarakat sekitar lebih memilih madrasah dibandingkan sekolah umum. Hal ini tentunya dibarengi dengan pengembangan madrasah yang baik, sehingga madrasah menjadi pilihan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi yang dilakukan dalam pengembangan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Banjarparakan, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Banjarparakan dalam pengembangannya. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Kemudian untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan di MI Ma’arif NU Banjarparakan dilakukan dengan: 1. meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga pendidik dan peserta didik, mempersiapkan implementasi kurikulum 2013, meningkatkan sarana prasarana pendidikan, serta meningkatkan hubungan madrasah dengan masyarakat sekitar. Namun dalam pelaksanaannya ditemukan juga faktor pendukung dan faktor penghambat yang dirasakan madrasah, antara lain: 2. Dukungan yang dirasa yaitu kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. Sedangkan hambatan yang dirasakan madrasah yaitu kurangnya dana yang dimiliki madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra SITI JOHARIYAH, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: strategi, pengembangan, madrasah ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 11:21
Last Modified: 05 Aug 2016 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21475

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum