PROSES PEMBELAJARAN BERBAHASA ARAB PADA PROGRAM BLC (BILLINGUAL SCHOOL) KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA MADIUN

ZAMZAM MUSTOFA, SPDI, NIM. 1420411121 (2016) PROSES PEMBELAJARAN BERBAHASA ARAB PADA PROGRAM BLC (BILLINGUAL SCHOOL) KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA MADIUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN BERBAHASA ARAB PADA PROGRAM BLC (BILLINGUAL SCHOOL) KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA MADIUN)
1420411121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN BERBAHASA ARAB PADA PROGRAM BLC (BILLINGUAL SCHOOL) KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA MADIUN)
1420411121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Zamzam Mustofa. 2016. Proses Pembelajaran Berbahasa Arab pada Program BLC (Billingual School) Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun Tesis, Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Madrasah Tsanawiyah Negeri Madiun adalah salah satu MTsN yang mempuyai berbagai program ditawarkan mulai dari kelas Akselrasi, kelas PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa), BLC (Billingual School), MM (Multi Media), Olahraga serta Reguler Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap, (1) Implementasi Program BLC (Bilingual School) (2) Kemampuan berbahasa arab (3) Problematika Pembelajaran pada Program BLC (Bilingual School) Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dan dikumpulkan dari informan berupa manusia dan non manusia dengan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles Huberman, dengan melakukan analisis selama dilapangan secara terus menerus hingga data jenuh. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan uji kredibilitas data dengan menggunakan referensi data (bukti autentik data), perpanjangan pengamatan, ketekunan, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama : Pembelajaran di kelas billingual school mengedepankan bahasa sebagai sarana efektif mencetak generasi yang mahir berbahasa . Berbahis mengunakan bahasa Inggris dan bahasa arab dalam pembelajaranya. waktu pembelaaran dimulai pukul 06.45 sampai dengan pukul 13.30, dilanjutkan dengan Intensif Belajar samapi pukul 15.30 serta 15 menit sebelum pmbelajaran kegiatan English Day dan Arabic Yaumiyyah. Kedua : Pembelajaran dengan bahasa asing (bahasa Arab) pada kelas BLC Bllingual School di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun adalah untuk mencetak ulama yang intelek serta mampu berinteraksi dengan keterampilan bahasa yang ia miliki dengan cara dapat belajar bangsa asing sesuai dengan keterampilan bahasa asing yang dimilikinya. Serta kemampuan bahasa pada kelas BLC (Bllingual School) sudah bisa dikatakan cukup bagus pada tataran kelas VII peserta didik akan bertamabah kemampuan bahasanya ketika nantin naik kelas VIII dan IX sesuai dengan perkembangan Iklim belajarnya Ketiga : Probelamtika pada kelas billingual school yaitu meliputi Problem Linguistik dan Problem Non Linguistik, Problem Linguistik meliputi (1) Kurang mengenali bentuk atau tulisan huruf Arab, (2) kesulitan dalam merangkai atau menyambung huruf Arab, (3) siswa kesulitan dalam imla‟ atau menulis Arab dengan dikte sedangkan Problem Non Lingustik (1) Siswa (2) Latar belakang pendidikan siswa yang heterogen(3)Kurangnya Motivasi siswa (4) Guru Lingkungan (5) Madrasah. Dari penelitian diatas membuktikan pembelajaran bahasa arab di kelas BLC billingual school menunjang kemampuan 2 bahasa yaitu bahasa arab dan bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, bahasa Arab, MTsN Madiun
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:13
Last Modified: 05 Aug 2016 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum