PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

RAHMAT HIDAYAT, SPD, NIM. 1420411144 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1420411144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1420411144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di seluruh aspek kehidupan saat ini tidak terlepas dari kurangnya penanaman nilai-nilai agama islam pada anak dan pendidikan agama yang kurang tepat karena terfokus pada nilai angka saja, selain itu arus liberalisasi yang sulit dibendung menimbulkan tingkah laku yang sering bertentangan seperti cara berbicara, berpakaian dan bergaul yang kurang sopan. Penulis tertarik melakukan penelitian di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta karena karena TK Nurul Ummah tidak hanya memperhatikan aspek jasmaniahnya saja melainkan juga aspek rohaniahnya yang bernuansa keislaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, 2)metode penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, 3) faktor pendukung serta penghambat penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus, pendidik, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penanaman nilai-nilai agama Islam mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan didalamnya terdapat penyusunan Silabus, RPT, RPB, RPM dan RKH. Pelaksanaan memiliki beberapa tahapan kegiatan diantaranya kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dari beberapa kegiatan tersebut dapat dilihat adanya tingkat pencapaian perkembangan aqidah, akhlaq dan ibadah, 2) Metode penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yaitu dengan menggunakan metode klasikal, metode sorogan, metode bermain, metode pembiasaan, metode cerita islami, metode ziarah dan karya wisata, metode keteladanan, metode demonstrasi, metode sosiodrama dan menonton film kartun Islami tentang Nabiyullah, metode tanya jawab,3) Faktor pendukung diantaranya pendidik merupakan alumni pondok pesantren nurul ummah, pendidik juga memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama Islam serta hafal Alquran, TK Nurul Ummah berada dilingkungan pesantren maka kondusif pembelajarannya. Sedangkan dari faktor penghambat yaitu: Orang tua yang masih mengaggap pendidikan nilai-nilai agama di serahkan sepenuhnya ke sekolah, dan waktu yang singkat dalam pembelajaran menyebabkan pendidik lepas memonitor anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-nilai Agama Islam, TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:33
Last Modified: 05 Aug 2016 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum