NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL PIIL PESENGGIRI DI MASYARAKAT DESA TANJUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN

ARIE NURDIANSYAH, NIM. 1420411168 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL PIIL PESENGGIRI DI MASYARAKAT DESA TANJUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL PIIL PESENGGIRI DI MASYARAKAT DESA TANJUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN)
1420411168_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL PIIL PESENGGIRI DI MASYARAKAT DESA TANJUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN)
1420411168_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ARIE NURDIANSYAH, NIM 1420411168. Nilai-nilai Pendidikan Islam Berbasis Budaya Lokal Piil Pesenggiri di Masyarakat Desa Tanjung Agung Lampung Selatan. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh derasnya arus globalisasi, modernisasi dan ketatnya puritanisme yang dapat mengakibatkan terkikisnya rasa kecintaan terhadap kebudayaan lokal serta meningkatnya kasus kriminalitas, narkoba dan konflik sosial di Lampung. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada peneliti untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap nilai-nilai pendidikan Islam berbasis budaya lokal piil pesenggiri di Masyarakat Desa Tanjung Agung Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksaaan, capaian dan kendala dalam implementasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis budaya lokal piil pesenggiri di masyarakat desa Tanjung Agung Lampung Selatan. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan menggunakan kajian analisis kualitatif dan pendekatan keilmuan antropologi. Sumber data adalah kepala adat dan masyarakat desa Tanjung Agung Lampung Selatan. Pengumpulan data melalui observasi partisipan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Implementasi budaya piil pesenggiri di masyarakat desa Tanjung Agung melalui unsur-unsurnya terdapat nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya yaitu juluk adek nilai religius, peduli sosial dan tanggung jawab. Unsur nemui nyimah bentuk kegiatan bertamu dan manjau pedom nilai sopan santun, bersahabat atau komunikatif. Unsur nengah nyapur bentuk kegaitan himpun nilai bersahabat atau komunikatif, demokratis, toleransi, peduli sosial dan kegiatan peringatan hari besar Islam terdapat nilai religius toleransi dan peduli sosial. Unsur sakai sambayan bentuk kegiatan hajatan terdapat nilai tanggung jawab dan peduli sosial dan kegiatan tahlilan terdapat nilai religius, peduli sosial, serta kegiatan gotong royong terdapat nilai tanggung jawab, peduli sosial dan peduli lingkungan. 2) Capaian nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kegiatan-kegaitan unsur piil pesenggiri di masyarakat desa Tanjung Agung Lampung Selatan secara keseluruhan sudah tercapai walaupun belum maksimal. 3) Kendala implementasi pendidikan Islam berbasis budaya lokal piil pesenggiri di masyarakat desa Tanjung Agung Lampung Selatan yaitu: kurang kesadaran dan pemahaman, kurangnya komunikasi budaya, pengaruh budaya asing, pengaruh puritanisme dan politisasi lembaga adat oleh pemerintah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan, Islam, Budaya, Piil Pesenggiri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:36
Last Modified: 05 Aug 2016 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum