PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA (STUDI SMP X KRETEK BANTUL)

ADNAN, NIM. 1420411173 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA (STUDI SMP X KRETEK BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA (STUDI SMP X KRETEK BANTUL))
1420411173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA (STUDI SMP X KRETEK BANTUL))
1420411173_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (879kB)

Abstract

Bullying di sekolah merupakan satu perilaku destruktif dan amoral yang harus diselesaikan oleh guru Bimbingan Konseling (BK). Sebab, bullying dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar (KBM), patologis yang sudah mendarah daging di kalangan remaja di sekolah, guru BK memiliki peran penting sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru BK dalam mengatasi bullying siswa di SMP Unggulan Muhammmadiyah Kretek Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologis dengan sampel snowball. Subyek dalam penelitian ini seorang guru BK, empat pelaku dan lima korban bullying. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran guru BK dalam mengatasi perilaku bullying siswa dilakukan dengan cara, yaitu memberikan layanan klasikal, layanan individual, layanan informasi, bimbingan individual dan kelompok, konseling individual dan kelompok, tindakan preventif dan kuratif. Kedua, dampak perilaku bullying bagi pelaku dan korban, yaitu pelaku: merasa bersalah, terlibat perkelahian, tidak disiplin, kurang berempati, mudah marah, berwatak keras, dan cenderung agresif. Adapun bagi korban yaitu: mengisolasi diri, minder, menjadi pemalas, prestasi menurun, takut bergaul, dan menjadi pelaku. Ketiga, langkah-langkah yang dilakukan guru BK dalam mengatasi perilaku bullying, yaitu mengidentifikasi masalah, memberikan layanan BK, memberikan hukuman kedisiplinan, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, dan melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Bimbingan Konseling, Bullying
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:37
Last Modified: 05 Aug 2016 06:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

View Item View Item