IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN AJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

RIDHO TRI SURYONO, SPDI, NIM. 1420411180 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN AJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN AJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)
1420411180_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN AJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)
1420411180_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ridho Tri Suryono,Implementasi Pembelajaran PAI dengan Strategi Pembelajaran Aktif pada Program Baitul Arqam Tahun Ajaran 2015/2016 di Universitas Muhammadiyah Surakarta,Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan strategi pembelajaran aktif di UMS surakarta,2)Kesesuaian antara konsep dalam Rencana Mutu Pembelajaran di UMS dengan pelaksanaan di lapangan,3) Faktor pendukung dan penghambat selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field reserch).Pemilihan subyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu Kabag Baitul Arqam , Para Fasilitator dan mahasiswa UMS. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi.Proses analisis data yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran PAI pada program Baitul Arqam Studi Islam 1 di Pondok Hajjah Nuriyah Sobron dilaksanakan selama 4 hari tiga malam. Namun, pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran aktif hanya pada waktu materi pagi hingga sore.Yaitu mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.45 WIB.Selama 4 hari itu terdapat 14 materi yang dijelaskan dengan 14 metode pembelajaran aktif juga.Pada Studi Islam 1 semester 1 tahun ajaran 2015/2016tiap kelas hanya didampingi oleh 2 fasilitator. 2) Proses pembelajaran PAI di kelas dalam prakteknya belum 100 % sesuai konsep yang tertuang dalam Rencana Mutu Pembelajaran (RMP). Di lapangan diperoleh data bahwa ada materi dan metode yang tidak tersampaikan dalam pembelajaran karena masalah manajemen waktu.Di antara 14 materi yang ada, 13 materi tersampaikan secara tuntas dengan metode pembelajaran aktif, da nada satu materi yang tidak disampaikan. 3) Di antara faktor yang menjadi penunjang pembelajaran PAI pada program ini adalah fasilitator yang berpengalaman, metode pembelajaran yang mapan, sarana prasarana yang menunjang, dan adanya game–game/ice breaking selama proses pembelajaran. Selanjutnya faktor utama yang menjadi kendala atau hambatan selama ini bagi fasilitator adalah manajemen waktu yang mengakibatkan materi tidak tersampaikan secara tuntas.Masalah lainya adalah inkosistensi dalam penggunaan metode pembelajaran oleh sebagian fasilitator, belum maksimalnya penggunakan media pembelajaran visual maupun audio-visual dan selanjutnya adalah masalah perbedaan persepsi fasilitator dalam menyikapi kasus atau permasalahan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak LPIK secara kontinyu memberikan pembinaan terhadap fasilitator secara berkala untuk meningkatkan kapasitas keilmuan para fasilitator dan mengevalusi program tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si, M.A
Uncontrolled Keywords: Baitul Arqam, PAI, Pembelajaran Aktif
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:39
Last Modified: 05 Aug 2016 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum