PROBLEMATIKA TARJAMAH TEKS BAHASA ARAB DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB SISWA MARHALAH II MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

MURNIYATI NIM. 02421397, (2009) PROBLEMATIKA TARJAMAH TEKS BAHASA ARAB DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB SISWA MARHALAH II MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri serta mengetahui problem-problem yang dihadapi Siswa Marhalah II dalam menterjemahkan teks Bahasa Arab ke dalam, Bahasa Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan. Sedangkan untuk pengumpulan data Penulis mengadakan observasi, wawancara, tes dan angket. Adapun data yang diperoleh bersumber dari Kepala Madrasah, Pengurus, Guru Bahasa Arab dan Siswa Marhalah II Selain itu juga dari data - yang berupa dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses belajar mengajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri telah berjalan cukup baik, adapun hal yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan belajar siswa adalah adanya motivasi dan minat siswa yang cukup antusias terhadap proses pembelajaran Bahasa Arab serta adanya lingkungan Madrasah yang sangat mendukung. Walau demikian masih ada beberapa proiblemtika yang dihadapi siswa dalam hal terjemah, diantaranya yaitu kurangnya siswa dalam memperhatikan bahasa. yang biasanya dipakai oleh orang Arab dan kurangnya Siswa menguasai kaidah-kaidah penerjemahan Bahasa Arab sehingga Siswa menemui problem ketika harus menerjemahkan kalimat Bahasa Arab baik yang berkaitan dengan, linguistik maupun non linguistik. Untuk usaha yang dilakukan yaitu: (1) Mengelompokan Siswa sesuai dengan kemampuan dasar Bahasa Arab masing-masing, hal ini dilakukan mengingat asal sekolah Siswa yang beragam otomatis kemampuan bahasanya berbeda-beda. (2) Mengadakan evaluasi secara berkala untuk materi yang telah diajarkan. (3) Guru menunjukan persamaan-persamaan dan perbedaan- perbedaan antara Bahasa Arab dan Bahasa yang dikuasai sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nazri Syakur MA,
Uncontrolled Keywords: Problematika, Tarjamah, Teks, Bahasa Arab
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum