KONTRIBUSI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA DI KOTA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2015

FARIQ AL FARUQIE, NIM. 12350011 (2016) KONTRIBUSI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA DI KOTA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA DI KOTA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2015)
12350011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA DI KOTA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2015)
12350011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2015 tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2015 Walikota Yogyakarta periode 2011-2016 memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana BKKBN yang diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Walikota Yogyakarta atas upaya yang telah dilakukan pemerintah kota Yogyakarta dalam pembangunan kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga. Kontribusi apa saja yang telah dilakukan oleh walikota Yogyakarta sehingga memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana BKKBN dan penyusun mengkaji kontribusi apa saja yang diberikan dari program Keluarga Berencana dalam membentuk keluarga yang sejahtera. Selain itu penyusun juga mengkaji apakah program-program tersebut telah sesuai dengan hukum Islam maupun hukum positif Indonesia. Pada penelitian kali ini, penyusun melakukan penelitian yang berupa Field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yang bersifat deskriptif. Yuridis yaitu sebuah cara pendekatan terhadap masalah yang diteliti berdasarkan norma-norma hukum baik hukum Islam maupun hukum positif Indonesia. Sedangkan normatif adalah cara pendekatan dengan melihat apakah sesuatu itu sesuai atau tidak dengan norma agama. Adapun sifat dari penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian adalah kontribusi yang diberikan Walikota Yogyakarta periode 2011-2016 pantas membuatnya memperoleh penghargaaan Manggala Karya Kencana. Kontribusi yang diberikan oleh Walikota Yogyakarta periode 2011-2016 diantaranya adalah memberikan anggaran bagi operasional kelompok Keluarga Berencana, menjadi motivator, menjadi pengarah, dan menjadi teladan dalam program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kebijakan yang telah diambil sebagai pemegang kekuasaan umum pengelolaan keuangan daerah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini. Selain itu Walikota Yogyakarta periode 2011-2016 telah menjalankan perannya sebagai ulil amri dan figur publik. Selain itu program Keluarga Berencana terbukti memberikan dampak dan kontribusinya terhadap pembentukan keluarga sejahtera khususnya dalam aspek perekonomian. Kontribusi tersebut telah sesuai dengan prinsip perkawinan, tujuan perkawinan, hak dan kewajiban, dan juga sesuai dengan maqāṣid asy-syarī‟ah (يمبصذ انشش ؼٌخ ). Oleh karena itu program Keluarga Berencana patut menjadi pertimbangan ulang bagi setiap keluarga di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. ABU BAKAR ABAK, MM
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Aug 2016 10:09
Last Modified: 08 Aug 2016 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum