STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN GODEAN

Nanik Ernawati NIM. 04410742, (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN GODEAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam rangka membangkitkan minat belajar siswa di MAN Godean Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlaq dalam membangkitkan minat belajar siswa kelas X di MAN Godean Sleman. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis data kualitatif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskan, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran guru Aqidah Akhlaq dalam membangkitkan minat belajar siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi di setiap tahap pembelajaran, baik pada tahap pra instruksional, tahap instruksional, maupun tahap evaluasi dan tindak lanjut. Beberapa strategi yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlaq adalah strategi card short, group to group, dan true or false. Beberapa strategi tersebut diterapkan secara variatif sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Penerapan strategi-strategi tersebut berjalan cukup efektif dan efisien dengan indikator guru mampu membangkitkan minat belajar siswa dan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pelaksanaan strategi pembelajaran adalah faktor guru, faktor siswa, dan faktor media. Guru dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan baik apabila guru tersebut memiliki empat kompetensi, yaitu; kompetensi personal, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogis. Perbedaan kemampuan, sikap, latar belakang, dan jumlah siswa juga mempengaruhi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran. Sedangkan ketersediaan media, baik media sebagai alat maupun media sebagai sumber juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Guru, Aqidahm, Akhlak, Minat, Belajar, Siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item