TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NIKAH DI BAWAH TANGAN AKIBAT HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI DUSUN KETAWANG DESA BANJAREJO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG)

MUH HERI, NIM. 12350019 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NIKAH DI BAWAH TANGAN AKIBAT HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI DUSUN KETAWANG DESA BANJAREJO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NIKAH DI BAWAH TANGAN AKIBAT HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI DUSUN KETAWANG DESA BANJAREJO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG))
12350019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP NIKAH DI BAWAH TANGAN AKIBAT HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI DUSUN KETAWANG DESA BANJAREJO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG))
12350019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan adalah hubungan antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang kekal dan bahagia. Fenomena nikah di bawah tangan atau yang biasa di kenal dengan pernikahan sirri tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, karena sudah terjadi sejak lama. Hal itu dikarenakan adanya faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan tersebut, seperti hamil di luar nikah, sehingga untuk menikah di bawah tangan atau nikah sirri sangat berkemungkinan besar. Hal itu dikarenakan posisi yang sudah mendesak terlebih tidak ingin aib itu tersebar luaskan sehingga menikah dengan cara di bawah tangan/nikah sirri sebagai jalan alternatif Pernikahan di bawah tangan tentunya akan menjadikan suatu problem tersendiri diantara keduanya, yang mengakibatkan bagaimana status pernikahannya dan bagaimana nantinya status anak tersebut. Setelah diberlakukannya Undangundang Nomor 1 Tahun 1974 fenomena tersebut masih juga kerap terjadi dan berlangsung hingga saat ini. Penyusun tertarik untuk meneliti lebih lanjut tinjaun hukum Islam terhadap nikah di bawah tangan akibat hamil di luar nikah yang ada di Dusun Ketawang Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Dalam penelitian ini penyusun menemukan pokok masalah yaitu : pertama faktor-faktor apa yang mempengaruhi adanya pernikahan di bawah tangan akibat hamil di luar nikah di Dusun Ketawang , kedua bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap nikah di bawah tangan akibat hamil di luar nikah di Dusun Ketawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan dan bersifat deskriptif-analitik. Didalam menganalisis data, penyusun menggunakan cara berfikir induktif, yang diikuti dengan pendekatan normatif sebagai pijakannya. Pada ahirnya penelitian ini di simpulkan bahwa pernikahan di bawah tangan akibat hamil di luar nikah yang terjadi di Dusun Ketawang Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang ada faktor-faktor yang menyebabkannya, yaitu: Faktor agama, situasi dan kurangnya umur, lingkungan (sosial), dipelet atau diguna-guna, rendahnya tingkat pendidikan dan ekonomi. Nikah di bawah tangan akibat hamil di luar nikah di dusun Ketawang Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkik Kabupaten Magelang ditinjau dari Kompilasi Hukum Islam dan Undang-undang No 1 Tahun 1974 adalah sah, hal itu sudah dijelaskan dalam pasal 4 dan pasal 53 KHI apabila dilakukan menurut hukum Islam Sesuai dengan pasal 2 ayat (1) Undang-undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, akan tetapi pernikahan di bawah tengan yang di akibatkan hamil di luar nikah itu tidak mendapat perlindungan hukum karena tidak memenuhi syaratsyarat yang ada dalam KHI pasal 5 dan pasal 6. Oleh sebab itu hendaknya pernikahan di bawah tangan akibat hamil di luar nikah dapat dicegah karena kemaslahatannya lebih kecil ketimbang madharatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. ABU BAKAR ABAK, M.M.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Aug 2016 12:28
Last Modified: 08 Aug 2016 12:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum