PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA

DEWI DWI UTAMI, NIM.11480024 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA)
11480024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA)
11480024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan tidak hanya mendidik peserta didiknya untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar memiliki rasa cinta tanah air. Saat ini pendidikan di Indonesia dinilai oleh banyak kalangan tidak bermasalah dengan peran pendidikan dalam mencerdaskan peserta didiknya, namun dinilai kurang berhasil dalam membangun kepribadian peserta didiknya agar memiliki rasa cinta tanah air. Oleh karena itu, saat ini pendidikan karakter dipandang sebagai kebutuhan yang mendesak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter serta faktor pendukung maupun penghambat pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler karawitan di SD N Selomulyo Sleman Yogyakarta. Subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan wali siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah reduksi data, penyajian data dan dilanjut dengan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler karawitan di SD N Selomulyo, menghasilkan deskripsi nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil data observasi dan catatan lapangan, saat bermain gamelan dan menyanyikan temban-tembang jawa menunjukan nilai yang ada. Adapun nilai yang dapat diambil antara lain : nilai kepeminpinan, kesabaran, tanggung jawab, kesopanan, keagamaan (religius), kehalusan, kedisiplinan, konsentrasi, toleransi. Adapun faktor pendukung berasal dari siswa dan sarana prasarana. yaitu adanya antusias siswa, dan fasilitas yang ada berupa seperangkat gamelan karawitan. Sedangkan faktor penghambat, yaitu kurangnya guru pengajar karawitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. SEDYA SANTOSA, S.S. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Karawitan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Aug 2016 14:50
Last Modified: 08 Aug 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum