UPAYA GURU DALAM MELESTARIKAN NILAI KEBUDAYAAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN BATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL

HENDI BRAMANTA, NIM. 10481019 (2016) UPAYA GURU DALAM MELESTARIKAN NILAI KEBUDAYAAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN BATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MELESTARIKAN NILAI KEBUDAYAAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN BATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
10481019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MELESTARIKAN NILAI KEBUDAYAAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN BATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
10481019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan keputusan Pemerintah Kabupaten Bantul tahun 2010 yang mewajibkan sekolah dari TK sampai dengan SMA/SMK untuk memasukkan mata pelajaran batik sebagai muatan lokal wajib. Pelaksanaan muatan lokal dimaksudkan untuk mempertahankan kelestarian, juga untuk melakukan usaha pembaruan atau modernisasi. Selain itu, pelaksanaan muatan lokal juga bermaksud untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ada di daerah itu sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan daerah, sekaligus mencegah terjadinya depopulasi daerah itu dari tenaga produktif. Seperti halnya warisan budaya yang berupa batik kini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah untuk dijaga kelestariannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (in-depth interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru melestarikan kebudayaan lokal batik melalui mata pelajaran batik kelas IV di MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran meliputi penyusunan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi, menyiapkan media, menentukan metode yang tepat, melaksanakan pembelajaran dengan terencana. Sedangkan hasil pelestarian kebudayaan lokal dalam mata pelajaran batik kelas IV di MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul meliputi: peningkatan kemampuan akademis (pengetahuan dan praktik), pemahan seputar batik (pengertian, motif, dan uaya melestarikan) dan memiliki hasil karya kerajinan dan prestasi dalam perlombaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. SEDYA SANTOSO, S. S., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Batik, Kebudayaan Lokal.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:25
Last Modified: 08 Aug 2016 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item