PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

NANING SEPTIANA, NIM. 12480002 (2016) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA)
12480002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA)
12480002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan menyimpan banyak sekali sumber belajar untuk warga sekolah terutama peserta didik. Dalam pelaksanaanya perpustakaan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku, koran, majalah, dan alat peraga. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD materi yang disampaikan sangat kompleks dan ada kecenderungan peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman materi. Dengan adanya perpustakaan diharapkan guru kelas bisa memanfaatkannya sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga fungsi perpustakaan itu sendiri dapat tercapai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri Golo Yogyakarta, (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai empat dari enam fungsi perpustakaan diantaranya fungsi edukatif, fungsi informative, fungsi tanggung jawab administrasi, dan fungsi rekreasi. Factor penghambat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial meliputi jumlah buku yang terbatas , ruang perpustakaan kurang luas, dan minat siswa kurang. Sedangkan factor pendukung pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial meliputi materi ajar mendukung, pelayanan perpustakaan baik, dan motivasi guru tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. ASNAFIYAH, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan, sumber belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:25
Last Modified: 09 Aug 2016 01:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item View Item