ANALISIS FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO. 68/DSN-MUI/ III/2008 TENTANG RAHN TASJÎLÎ DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARÎ’AH

IFROHATUS SAWAMAH, NIM. 11380034 (2016) ANALISIS FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO. 68/DSN-MUI/ III/2008 TENTANG RAHN TASJÎLÎ DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARÎ’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO. 68/DSN-MUI/ III/2008 TENTANG RAHN TASJÎLÎ DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARÎ’AH)
11380034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO. 68/DSN-MUI/ III/2008 TENTANG RAHN TASJÎLÎ DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARÎ’AH)
11380034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Gadai (rahn) itu menjadikan suatu barang sebagai jaminan atas utang, dengan ketentuan bahwa apabila terjadi kesulitan dalam pembayarannya maka utang tersebut bisa dibayar dari hasil penjualan barang yang dijadikan jaminan itu. Bagian dari gadai (rahn) yaitu rahn tasjȋlȋ yang mana merupakan jaminan dalam bentuk barang atas utang, tetapi barang jaminan (marhūn) tetap berada dalam penguasaan (pemanfaatan) rāhin dan bukti kepemilikannya diserahkan kepada murtahȋn, yang dimaksudkan pada rahn tasjȋlȋ ini adalah barang yang dapat bergerak. Prinsip utama dalam rahn tasjȋlȋ tersebut untuk menghindari mudharat, mengedepankan maslahat, menghindari memakan harta sesamanya dengan cara yang bathil dan tidak sah seperti riba serta hal-hal yang melanggar syariat Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data yang berasal dari buku-buku atau kitab-kitab yang ada kaitannya dengan masalah jaminan pada rahn tasjȋlȋ. Penulisan skripsi ini bersifat deskriptif-analitik. Deskriptif adalah metode yang menggunakan pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat, sedangkan analisa adalah menguraikan sesuatu dengan cermat dan terarah. Penulisan berupaya memaparkan barang jaminan yang sesuai dengan kemaslahatan ḍarūriyyāt, ḥājiyyāt, dan taḥsȋniyyāt dalam maqāṣid asy-Syarȋ’ah melalui analisis fatwa DSNMUI No. 68/DSN-MUI/III/2008. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini melalui studi kepustakaan, dengan menelaah bahan-bahan berupa kumpulan fatwa, al-Qur’an dan Hadis, buku, kitab, artikel, karya ilmiah, maupun kamus Hukum Islam. Pendekatan masalah yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah dengan pendekatan filosofis, yaitu mendekati masalah berdasarkan kemaslahatan ḍarūriyyāt, ḥājiyyāt, dan taḥsȋniyyāt dalam maqāṣid asy-Syarȋ’ah melalui analisis fatwa DSN-MUI No. 68/DSNMUI/ III/2008, berdasarkan pada naṣṣ-naṣṣ al-Qur’an dan Hadis serta pendapat ulama yang bertuang dalam kitab-kitab fikih. Setelah dilakukan penelitian terhadap fatwa Dewan Syariah Nasional tentang rahn tasjȋlȋ studi prespektif maqāṣid asy-Syarȋ’ah peneliti menyimpulkan bahwa barang yang ditetapkan dalam fatwa tersebut berupa barang yang mempunyai surat kepemilikan yang mana barangnya itu dapat bergerak seperti motor, mobil. Sedangkan pemanfaatan barangnya tetap ditangan pemiliknya, karena yang ditahan hanyalah surat kepemilikannya yaitu hanya BPKBnya. Tujuan adanya jaminan dalam rahn tasjȋlȋ adalah untuk melindungi hak pemilik barang demi kemaslahatannya ḍarūriyyāt, ḥājiyyāt, dan taḥsȋniyyāt, serta rāhin dapat menggunakan barang tersebut untuk kehidupan sehari-harinya yang mana sesuai dengan maqāṣid asy-Syarȋ’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PROF. DR. H. SYAMSUL ANWAR, MA.
Uncontrolled Keywords: rahn tasjȋlȋ, jaminan, fatwa dewan syariah.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:21
Last Modified: 09 Aug 2016 07:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21539

Actions (login required)

View Item View Item