ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK (STUDI PENERAPAN ATAS PASAL 22 DAN 23 TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK UU NO 23 TAHUN 2011 DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA)

INTAN OKTAVIA ANGGA MAWARNI, NIM. 12380011 (2016) ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK (STUDI PENERAPAN ATAS PASAL 22 DAN 23 TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK UU NO 23 TAHUN 2011 DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK (STUDI PENERAPAN ATAS PASAL 22 DAN 23 TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK UU NO 23 TAHUN 2011 DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA))
12380011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK (STUDI PENERAPAN ATAS PASAL 22 DAN 23 TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK UU NO 23 TAHUN 2011 DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA))
12380011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Zakat sebagai salah satu rukun Islam sehingga menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim, serta berfungsi sebagai ibadah yang individual agar terjalin hubungan antara Allah dan umatnya dan berfungsi sebagai ibadah sosial dalam rangka menjalin hubungan dengan sesama manusia. selain itu kewajiban pajak juga harus dilaksanakan oleh setiap warga negara. Dikeluarkannya UU No. 23 Pasal 22 Tahun 2011 tentang zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak merupakan salah satu perpaduan yang menarik yang mana akan mendorong untuk saling mendukung program pemerintah, karena pajak dan zakat itu tujuannya untuk kepentingan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan UU No 23 pasal 22 tahun 2011 tentang zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak pada muzaki di Dompet Dhuafa Yogyakarta. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu menguraikan dan menjelaskan data-data serta pendapat yang ada di lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada muzaki dan pihak Dompet Dhuafa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang terkait dengan zakat sebagai pengurang pajak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologis dan yuridis yaitu memperhatikan atas pandangan masyarakat yang bersifat umum dan melihat objek hukum positif sebagai landasan dari UU No 23 Tahun 2011 yang berkaitan dengan zakat pengurang pajak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Yogyakarta bersifat pasif dalam menerapkan UU No 23 Pasal 22 dan 23 Tahun 2011, serta sosialisasi kepada para muzakinya belum optimal di karenakan LAZ Dompet Dhuafa Yogyakarta lebih mengutamakan lingkup kesadaran berzakat ke muzakinya. Selain itu para muzaki yang sekaligus berperan sebagai wajib pajak (pajak penghasilan) tidak menerapkan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak karena faktor kebiasaan membayar zakat dan pajak secara terpisah serta sosialisasi hukum yang kurang di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Zusiana Elly Triantini, SHI., MSI.
Uncontrolled Keywords: Zakat Sebagai Pengurang Pajak
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:27
Last Modified: 09 Aug 2016 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item