TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA BAGI HASIL (MUDARABAH) PADA BUMP (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA)

YAHYA HIDAYAT PUTRA, NIM. 12380019 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA BAGI HASIL (MUDARABAH) PADA BUMP (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA BAGI HASIL (MUDARABAH) PADA BUMP (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA))
12380019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA BAGI HASIL (MUDARABAH) PADA BUMP (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA))
12380019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Badan usaha pesantren Al- Luqmaniyyah merupakan suatu badan yang mandiri dan tersistem dengan baik mereka menerapkan prinsip praktek mudarabah dalam sistem bagi hasil dimana lembaga BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren) sebagai pemilik modal sedangkan santri dan asatid sebagai mudharib atau pengelola modal. Melihat dari deskripsi tersebut, maka penulis terdorong untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai tinjauan hukum islam terhadap pola bagi hasil atau mudarabah di Badan usaha milik pesantren Al-Luqmaniyyah dalam teori ke prakteknya. Dalam teori sistem bagi hasil atau mudarabah, terdapat rukun dan syarat yang harus dipenuhi. Apabila salah satu rukun dan syarat tidak dipenuhi maka praktek mudarabah akan batal atau rusak. Dengan latar belakang tersebut,penulis hendak meneliti dan menganalisis dari Tinjauan hukum Islam berkaitan dengan Pola perhitungan bagi hasil atau mudarabah yang dilaksanakan di Badan usaha milik pesantren dan Pola bagi hasil BUMP di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik,teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu.Hasil wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari Pengurus, Asatid dan pengurus BUMP tentang sejarah berdiri,berkembangnya BUMP dan pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta hingga saat ini dan berbagai hal yang berkaitan dengan Pola bagi hasil di BUMP Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pola Bagi Hasil mudarabah pada BUMP di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta dapat dikatakan telah sesuai dengan Islam, hal ini terlihat dari terpenuhinya syarat dan rukun, kesesuaian dengan prinsip-prinsip Islam tentang pengaturan ekonomi (muamalah) dan etika bisnis syariah. 2)Pola bagi hasil mudarabah usaha di BUMP Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah yang menerapkan prinsip bagi hasil yang berupa revenue sharing yang berarti bagi hasilnya sebelum dikurangi biaya operasional dari usaha tersebut dan ada juga yang menerapkan prinsip bagi hasil usaha profit sharing dimana bagi hasilnya sesudah dikurangi dengan biaya operasional dari badan usaha tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bagi hasil, Mudarabah, Revenue Sharing, Profit Sharing
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:32
Last Modified: 09 Aug 2016 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item