TINJAUAN HUKUM ISLAM TERBADAP EKSEKUSI BARANG JAMINAN ATAS PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA BMT MANDIRI RAYA BUMIAYU

ANGGUN APRILIANDARI, NIM. 12380025 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERBADAP EKSEKUSI BARANG JAMINAN ATAS PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA BMT MANDIRI RAYA BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERBADAP EKSEKUSI BARANG JAMINAN AT AS PEMBIA Y AAN BERMASALAH P ADA BMT MANDIRI RAY A BUMIA YU)
12380025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERBADAP EKSEKUSI BARANG JAMINAN AT AS PEMBIA Y AAN BERMASALAH P ADA BMT MANDIRI RAY A BUMIA YU)
12380025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Adanya barang Jaminan dalam sebuah pembiayaan tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat dalam hal pinjam meminjam di suatu lembaga keuangan. Tidak hanya lembaga keuangan seperti bank saja yang menetapkan adanya agunan yang bisa dijaminkan oleh calon nasabah untuk mendapatkan pembiayaan. Bahkan di lembaga mikro syariah seperti Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) kini juga telah menetapkan adanya agunan untuk memperoleh pembiayaan. BMT merupakan salah satu lembaga mikro syariah yang berdiri berdasarkan prinsip syariah dan bergerak dalam upaya memberdayakan umat. Agunan yang dijaminkan oleh nasabah ini bertujuan untuk mencegah resiko-resiko yang akan terjadi apabila nasabah melakukan perbuatan wanprestasi atau ingkar janji terhadap kewajibannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama di awal. Apabila nasabah melakukan perbuatan wanprestasi, maka pihak BMT akan melakukan eksekusi terhadap agunan yang dijaminkan oleh nasabah tersebut. Maka dalam hal ini, penulis ingin meneliti tentang praktek mekanisme penyelesaian eksekusi atas pembiayaan bermasalah dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penanganan eksekusi di BMT Mandiri Raya Bumiayu. Kepenulisan yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah bersifat deskriptifanalisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Pendekatan normatif di sini adalah suatu pendekatan yang berpijak pada aturan dasar hukum Islam itu sendiri yang berupa Al-Qur’an dan al-Hadis. Sementara, jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah berupa penelitian lapangan (field research), obyek utamanya yaitu berupa data yang didapat dari BMT Mandiri Raya Bumiayu. Dalam rangka mencari validitas data yang lebih komprehensif serta tidak menutup kemungkinan agar semakin faktualnya data, maka penyusun menggunakan beberapa cara dalam menyajikannya yaitu dengan observasi, wawancara kepada pengelola serta anggota/nasabah BMT. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan analisis deduktif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menganalisis data atas faktafakta yang besifat umum, kemudian dari fakta-fakta tersebut ditarik kesimpulan bersifat khusus, apakah fenomena yang terjadi bersesuaian/tidak dengan aturan-aturan yang telah ada. Berdasarkan hasil penelitian dalam proses penyelesaian eksekusi terhadap barang jaminan atas pembiayaan bermasalah di BMT Mandiri Raya Bumiayu, maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses penyelesaian eksekusi terhadap barang jaminan yang dilakukan oleh BMT Mandiri Raya Bumiayu secara umum dapat dikatakan telah sesuai dengan hukum Islam. Dimana proses eksekusinya dengan melalui tahapan non-litigasi, karena dalam hal melakukan eksekusi terhadap barang jaminan ini BMT menggunakan eksekusi di bawah tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. ABDUL MUJIB., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bermasalah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:34
Last Modified: 09 Aug 2016 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21548

Actions (login required)

View Item View Item