TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LAYANAN AMBULANCE GRATIS DI LEMBAGA AMIL ZAKAT POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) CABANG YOGYAKARTA

ATINA VIDDAROINI KHASANAH, NIM. 12380029 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LAYANAN AMBULANCE GRATIS DI LEMBAGA AMIL ZAKAT POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LAYANAN AMBULANCE GRATIS DI LEMBAGA AMIL ZAKAT POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) CABANG YOGYAKARTA)
12380029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LAYANAN AMBULANCE GRATIS DI LEMBAGA AMIL ZAKAT POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) CABANG YOGYAKARTA)
12380029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang disayariatkan Allah kepada umat Islam setara dengan shalat, puasa dan haji. Sebagaimana suatu bentuk ibadah melalui harta kekayaan, zakat merupakan sumber pendanaan umat Islam dalam upaya penanganan kemiskinan. Zakat juga merupakan ibadah yag memiliki posisi yang sangat penting, baik dari segi ubudiyyah maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat serta sangat signifikan terhadap dimensi sosial umat. Karena secara substansif, pendayagunaan zakat secara material dan fungsional memiliki partisipasi aktif dalam memecahkan permasalahan umat seperti peningkatan kualitas hidup kaum dhuafa, peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi. Dengan demikian, zakat dapat dimaksimalkan sebagai pendayagunaan dalam kesejahteraan umat. Sebagai lembaga pengelola zakat, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) cabang Yogyakarta memepunyai beberapa program pemberdayaan masyarakat meliputi pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Dalam penelitian ini, termasuk program pemberdayaan dalam bidang pendayagunaan kesehatan yang berupa layanan ambulance gratis. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan ambulance gratis Yogyakarta ditinjau dari perspektif hukum Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang diperoleh dari kegiatan di lapangan dengan sifat penelitian preskriptif, yaitu menilai praktik pendayagunaan dana zakat di PKPU Yogyakarta dengan metode pengumpulan data melalui wawancara secara langsung dengan team pendayagunaan PKPU Yogyakarta. Masalah dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan pendekatan normatif, yaitu cara mendekati masalah yang terjadi secara empiris, apakah masalah tersebut sesuai atau tidak dengan norma hukum Islam. Berdasarkan metode yang digunakan, dapat dijelaskan bahwa pendayagunaan zakat melalui program layanan ambulance gratis yang dikelola oleh PKPU cabang Yogyakarta sudah sejalan dengan hukum Islam melalui teori maslahah. Hal ini terlihat sudah sesuai dengan teori kemashlahatan dan sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Yusuf Qardhawi bahwa zakat tidak harus diberikan kepada seluruh mustahik, seperti yang tercantum dalam QS. At-Taubah (9): (60). Akan tetapi, lebih mengutamakan dua golongan yaitu fakir dan miskin, karena tujuan utama zakat adalah untuk mengentaskan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SAIFUDDIN, SH.I., MSI.
Uncontrolled Keywords: Zakat, Pendayagunaan Zakat.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:36
Last Modified: 09 Aug 2016 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item