DISKON MURABAHAH: STUDI KOMPARATIF FATWA DSN MUI NOMOR 16 TAHUN 2000 DENGAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 102

AZMI, NIM. 12380046 (2016) DISKON MURABAHAH: STUDI KOMPARATIF FATWA DSN MUI NOMOR 16 TAHUN 2000 DENGAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 102. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKON MURABAHAH: STUDI KOMPARATIF FATWA DSN MUI NOMOR 16 TAHUN 2000 DENGAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 102)
12380046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DISKON MURABAHAH: STUDI KOMPARATIF FATWA DSN MUI NOMOR 16 TAHUN 2000 DENGAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 102)
12380046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan salah satu pembiayaan dengan risiko paling rendah dan paling sering digunakan di lembaga keuangan syariah. Landasan hukum dalam lembaga keuangan syariah menggunakan peraturan Fatwa DSN MUI dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Fatwa dan PSAK yang seharusnya sejalan, tetapi kemudian ditemukan bahwa terdapat perbedaan antara keduanya. Perbedaan ini terkait dengan diskon setelah akad yang dalam fatwa tidak dicantumkan menjadi milik siapa, tetapi dalam PSAK dijelaskan diskon tersebut menjadi milik penjual. Berawal dari permasalahan tersebut, penyusun tertarik untuk melakukan penelitian tentang Diskon Murabahah: Studi komparatif Fatwa DSN MUI Nomor 16 Tahun 2000 dengan Pernyaaan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 102. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apa perbedaan dan persamaan Fatwa DSN MUI Nomor 16 Tahun 2000 dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No 102 terhadap diskon dalam murabahah serta bagaimana hukum Islam memandang diskon murabahah tersebut. Kegunaan penelitianini adalah untuk memberikan kontribusi untuk memperjelas aturan yang telah ditetapkan agar bisa dijadikan pedoman serta pijakan dalam praktik di Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Penelitian ini bersifat desktiptif-analitik-komparatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari peraturan Fatwa DSN MUI No 16 Tahun 2000 dan PSAK No. 102, serta data sekunder yang berasal dari karya tulis ilmiah, jurnal, internet serta tulisan-tulisan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif dan komparatif. Teknik analisis yang dilakukan adalah dengan membandingan karya satu dengan karya lainnya untuk dianalisis perbedaan serta persamaannya. Hasil dari penelitian ini adalah secara garis besar pernyataan antara fatwa dan PSAK adalah sama hanya saja ada beberapa peraturan terkait diskon ini tidak dicantumkan dalam fatwa lalu kemudian dilengkapi oleh PSAK. Akan tetapi, jika dilihat dari maksud pelaksanaan diskon adalah salah satu strategi promosi untuk menarik minat pembeli maka konsep diskon seperti yang dijelaskan dalam PSAK dan Fatwa keluar dari makna diskon sesungguhnya. Terkait pembagian diskon setelah akad ini jika dikembalikan kepada konsep murabahah, maka seharusnya diskon dalam bentuk apapun dan kapanpun merupakan hak nasabah. Diskon Murabahah dalam perspektif hukum Islam sah dilakukan jika bank memberitahukan diskon setelah akad kepada nasabah secara jujur dan nasabah sepakat diskon tersebut menjadi hak bank. Sebaliknya, jika bank tidak memberitahukan perolehan diskon tersebut secara jujur, maka jual beli ini tidak sah hukumnya karena salah satu syaratnya tidak terpenuhi yaitu adanya kerelaan antara dua pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ABDUL MUGHITS, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Diskon Murabahah, Fatwa DSN MUI Nomor 16 Tahun 2000 dan PSAK 102, bank syari’ah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:43
Last Modified: 09 Aug 2016 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item