TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MULYANI WIDIANINGSIH, NIM. 12380050 (2016) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12380050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM (BLU) PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12380050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penetapan UIN Sunan Kalijaga sebagai instansi yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU), sehingga dapat menyediakan penggunaan barang dan jasa tanpa mengutamakan keuntungan (non profit). Penetapan BLU juga ini mengakibatkan UIN Sunan Kalijaga dapat mempraktikan bisnis dengan menyewakan gedunggedungnya (fasilitas publik) dengan pemberlakuan "Tarif Jasa Layanan Pada UPT Pusat Pengembangan Bisnis (PPB) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Anggaran 2015". Hasil dari pemberlakuan tarif ini juga sebagai salah satu pemasukan untuk memenuhi kebutuhan UIN Sunan Kalijaga diantaranya pendanaan untuk UKM. Semenjak penerapan BLU, pendanaan yang diberikan UIN Sunan Kalijaga menjadi berkurang dan mekanisme pencairan dana juga semakin sulit. Apalagi dengan dana yang berkurang, tetapi UKM harus membayarkan sesuai tarif jasa layanan. Meskipun tarif jasa layanan untuk pihak publish lebih mahal dan pihak internal lebih murah yaitu mahasiswa khususnya UKM namun hal ini tetap memberatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan angket atau kuesioner sebagai sarana pengumpulan data. Selanjutnya dianalisis induktif dengan melihat mekanisme pengelolaan keuangan BLU dalam pendanaan UKM dan pengelolaan keuangan BLU pada UKM yang dinilai dari sudut tinjauan etika bisnis islam sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini terbagi menjadi tiga bagian, pertama tentang mekanisme pengelolan BLU dalam pendanaan UKM UIN Sunan Kalijaga yang terdiri dari proposal pengajuan dana, surat pertanggungjawaban dan pendanaan pada UKM yang disajikan dalam bentuk diagram dengan persen (%). Ini merupakan hasil pengolahan angket yang diberikan kepada 17 UKM. Kesimpulannya mekanisme pengelolaan dana berupa proposal pengajuan dana, surat pertanggungjawaban masih banyak mengalami kesulitan karena belum ditetapkannya standar baku penulisan. Untuk pendanaan juga masih sangat kurang karena setiap tahun dana yang diberikan berkurang tetapi harga kebutuhan semakin meningkat. Kedua, tentang pemberlakuan pembayaran UKM terhadap fasilitas publik UIN Sunan Kalijaga, hal ini diperbolehkan jika tetap menganut prinsip tanpa mengutamakan keuntungan. Karena penghasilan ini juga untuk kebutuhan UIN Sunan Kalijaga dan kemasalahatan bersama. Ketiga, etika bisnis islam terhadap pembayaran barang dan jasa yang terdiri dari pembayaran jasa UKM, biaya uang kebersihan dan pembayaran sabtu minggu. Ini merupakan hasil pengolahan angket juga dalam bentuk diagram dengan persen (%). Ketika etika bisnis memandang permasalahan pemberlakuan biaya di atas dengan menganalisis menggunakan lima aksioma yaitu persatuan (unity), keseimbangan (equibilirium), kehendak bebas (free will), tanggungjawab (responsibility) dan ihsan. Kesimpulan dari analisis menyatakan bahwa UIN Sunan Kalijaga belum memenuhi kaidah lima aksioma .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. KHOLID ZULFA, M.Si.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:45
Last Modified: 09 Aug 2016 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21555

Actions (login required)

View Item View Item