TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PADI SECARA TEBASAN DENGAN PENGURANGAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK (COWOKAN) DI DESA TRIMULYO KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL

NIDAUL CHASANAH, NIM. 12380069 (2016) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PADI SECARA TEBASAN DENGAN PENGURANGAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK (COWOKAN) DI DESA TRIMULYO KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PADI SECARA TEBASAN DENGAN PENGURANGAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK (COWOKAN) DI DESA TRIMULYO KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL)
12380069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PADI SECARA TEBASAN DENGAN PENGURANGAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK (COWOKAN) DI DESA TRIMULYO KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL)
12380069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (927kB)

Abstract

Jual beli tidak lepas dari aturan-aturan hukum Islam. Al-Qur’an dan Al- Hadits dijadikan dasar pokok dalam mengatur cara-cara bertransaksi dalam jual beli, karena tidak semua cara dibenarkan oleh syari’at Islam. Salah satu dari perkembangan jual beli yang muncul yaitu jual beli tebasan. Tebasan yang dimaksud adalah pembelian hasil tanaman sebelum dipetik. Adapun sistem pembayaran dijalankan sesuai dengan kesepakatan para pihak. Salah satu transaksi jual beli padi secara tebasan dilakukan dengan cara panjar, yaitu dengan membayar uang muka terlebih dahulu yang kemudian sisa pembayarannya dibayarkan setelah masa panen. Dalam hal ini, untuk mengantisipasi kerugian seringkali penebas/tengkulak melakukan pengurangan harga secara sepihak yang dalam istilah lain disebut cowokan. Praktik cowokan ini banyak terjadi di Desa Trimulyo, yaitu pada praktik jual beli tebasan padi. Ada beberapa faktor penebas melaksanakan praktik cowokan ini, antara lain karena padi yang tidak memuaskan sehingga pembeli dengan sengaja mengurangi sisa pembayaran, karena tidak ada dana untuk melunasi, dan karena tidak ingin mengalami kerugian. Cowokan dilakukan biasanya ketika hitungan oleh penebas meleset dari perkiraan yang menyebabkan kerugian bagi penebas, sehingga penebas dengan sengaja mengurangi sisa pembayaran tersebut. Praktik ini menimbulkan adanya kesenjangan para pihak dan menyebabkan hilangnya kepercayaan petani kepada penebas yang menyowok tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah jual beli, perjanjian dalam hukum Islam, dan ‘urf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang penyusun lakukan di Desa Trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan petani dan penebas padi. Hasil pengamatan di Desa Trimulyo, penyusun menemukan masalah dalam praktik jual beli padi secara cowokan, yaitu adanya unsur penipuan yang dilakukan oleh penebas terhadap petani. Penebas dengan sengaja mengurangi harga tebasan padi yang telah disepakati di awal perjanjian, dan pengurangan harga hanya dilakukan sepihak, yaitu oleh penebas saja. Dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan tebasan padi cowokan ini merupakan transaksi yang rusak karena tidak sesuai dengan salah satu syarat sahnya perjanjian dalam Islam yaitu atas dasar saling rela (rida) antara kedua belah pihak. Menurut prespektif sosiologi hukum Islam, praktik tebasan padi cowokan ini termasuk ke dalam ‘urf fasid karena tidak sesuai dengan nash al-Qur’an dan Sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. MOCHAMAD SODIK, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Praktik Tebasan Padi Cowokan, Perjanjian dalam hukum Islam, ‘Urf
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:53
Last Modified: 09 Aug 2016 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item View Item