PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO I WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

NUR HANIF FAUZUL RIZA, NIM. 11481012 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO I WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO I WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
11481012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO I WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
11481012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 37 Ayat (1) menyebutkan bahwa: “Kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat muatan lokal” serta tujuan madrasah dalam mewujudkan budaya budi pekerti dalam rangka pembentukan siswa yang berkarakter. Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Ma’arif Giriloyo 1 merupakan mata pelajaran yang memuat substansi budaya Jawa yang dapat menjadi pilar pendidikan budi pekerti bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa dan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa hasil pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Giriloyo 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif Giriloyo I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembentukan karakter melalui pembelajaran Bahasa Jawa pada siswa di MI Ma’arif Giriloyo I sudah dapat diketahui melalui rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa yang memasukan nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Hasil pembelajaran bahasa jawa dapat terlihat melalui sikap yang ditampilkan siswa di madrasah seperti: karakter religius dalam membaca doa, Asma’ul Husna dan membaca Juz ‘Amma, karakter jujur ketika siswa mencocokan soal dan menemukan uang. Toleransi ketika berbeda pendapat, disiplin ketika berangkat ke madrasah tepat waktu dan patuh pada peraturan kelas. Kerja keras saat mengerjakan tugas dan kreatif dalam berkesenian. Siswa juga berkarakter mandiri ketika mengerjakan soal dan sholat dhuha. Demokratis dalam memilih ketua kelas serta bertanya ketika tidak paham kepada guru sebagai wujud rasa ingin tahunya. Semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam menggapai prestasi dengan mengingat tujuan bangsa Indonesia dengan menyanyikan lagu Nasional Indonesia. Menghargai prestasi yang diperoleh teman, serta bertanya jawab kepada guru maupun sesama teman sebagai bentuk komunikasi dan cinta damai. Memunguti sampah dan membuang sampah pada tempatnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S.,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter, Pembelajaran Bahasa Jawa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:08
Last Modified: 09 Aug 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item