IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PROGRAM MADRASAH ADIWIYATA PADA PESERTA DIDIK DI MIN JEJERAN BANTUL

Musri’ah, NIM: 12480008 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PROGRAM MADRASAH ADIWIYATA PADA PESERTA DIDIK DI MIN JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PROGRAM MADRASAH ADIWIYATA PADA PESERTA DIDIK DI MIN JEJERAN BANTUL)
12480008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PROGRAM MADRASAH ADIWIYATA PADA PESERTA DIDIK DI MIN JEJERAN BANTUL)
12480008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak usia dini sebagai upaya preventif agar peserta didik tidak hanya mempunyai kecerdasan berfikir, namun juga memiliki kepedulian lingkungan hidup. MIN Jejeran merupakan madrasah yang melaksanakan program adiwiyata. Program adiwiyata adalah program yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga madrasah terhadap lingkungan. Sehingga dengan adanya program adiwiyata diharapkan dapat menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan kepada peserta didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)apa saja program adiwiyata di MIN Jejeran Bantul, (2) bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam program madrasah adiwiyata pada peserta didik di MIN Jejeran Bantul, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam program madrasah adiwiyata pada peserta didik di MIN Jejeran Bantul. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) program madrasah adiwiyata di MIN Jejeran meliputi kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berwawasan lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan sarana prasarana pendukung yang berwawasan Lingkungan, (2) implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam program madrasah adiwiyata pada peserta didik di MIN Jejeran terlaksana dengan baik, yang meliputi kegiatan rutin harian yaitu piket kelas, kegiatan mingguan yaitu pembersihan lingkungan madrasah dan tahunan yaitu memperingati hari-hari yang bertema lingkungan, kegiatan spontan, keteladanan, integrasi mata pelajaran dan budaya madrasah, (3) faktor pendukung implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam program madrasah adiwiyata pada peserta didik yaitu partisipasi Kepala Madrasah, guru dan karyawan, kerjasama instansi lain, sarana dan prasarana pendukung. Sementara faktor penghambatnya adalah faktor lingkungan keluarga atau masyarakat dan .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. Jauhar Hatta, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Karakter Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata, MIN Jejeran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:13
Last Modified: 10 Aug 2016 01:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item View Item