IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN

Fajriati Dwi Lestari, NIM : 12480009 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN)
12480009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN)
12480009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik, nilai-nilai karakter yang dikembangkan serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas IV B MIN Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian siswa-siswi kelas IV B dan wali kelas serta kepala madrasah guna mendukung data. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Tempel Ngaglik Sleman pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 (Desember 2015-Maret 2016). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai karakter meliputi perencanaan dan pelaksanaan. Dalam perencanaan pembelajaran terdiri atas silabus dari dinas/pemerintah dan RPP yang dibuat sendiri oleh guru. Sedangkan dalam pelaksanaannya, guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, penilaian, penanaman kedisiplinan, pembiasaan dan keteladanan. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan guru dalam pembelajaran tematik diperoleh nilai-nilai karakter yang sering muncul nilai-nilai karakter lain yang jarang muncul. Fakor pendukung dalam implementasi nilai-nilai karakter adalah madrasah melalui kegiatan dan fasilitas, guru melalui keteladanan, strategi pembelajaran, media dan sumber belajar. Faktor penghambat adalah lingkungan, peserta didik dan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd selaku
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:26
Last Modified: 10 Aug 2016 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum