UPAYA KELUARGA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK (Studi Kasus Keluarga Bapak Suranto

Lu’luatun Nasihah, NIM : 12480010 (2016) UPAYA KELUARGA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK (Studi Kasus Keluarga Bapak Suranto. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KELUARGA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK (Studi Kasus Keluarga Bapak Suranto)
12480010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (UPAYA KELUARGA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK (Studi Kasus Keluarga Bapak Suranto)
12480010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini sebuah keluarga yang terdiri dari Ibu, Ayah, dan tiga anak yang bertempat tinggal di sebuah rumah kontrakan Dusun Grogol, Tempel, Purwomartani, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta. Dengan keterbatasan ekonomi yang dialami, keluarga ini mampu menjadikan ketiga anaknya menjadi anak yang berprestasi baik di sekolah maupun dirumah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya keluarga Bapak Suranto dan apa saja kendala-kendala Bapak Suranto serta bagaimana hasil dari upaya Keluarga Bapak Suranto dalam membangun motivasi belajar anak-anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya-upaya keluarga dan kendala-kendala yang dihadapi keluargadalam membangun motivasi belajar anak, serta mengetahui hasil dari upaya keluarg Bapak Surantodalam membangun motivasi belajar anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk studi kasus. Dengan subyek penelitian Bapak Suranto sebagai kepala keluarga, Erwin Wahyuniarti sebagai Ibu, Anak-anak (Stevy, Steven, dan Sebastian), teman Stevy (Alya, Mutia, dan Naila), tetangga (Ibu Tumirah), Kepala Sekolah (Bapak Subagya), Guru MI (Ibu Ning dan Ibu Latifah), Guru TK (Ibu Pri dan Ibu Yuni). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya keluarga dalam membangun motivasi belajar anak adalah melalui pendampingan dan perhatian, memberi reward, melatih disiplin, tanggungjawab dan mandiri, menganggap anak sebagai teman. (2) kendala yang dihadapi dalam membangun motivasi belajar anak meliputi faktor internal: Suasana hati yang berubah-ubah, sifat anak yang tertutup, cengeng, minder, dan manja. Faktor eksternal: pembagian waktu kerja dan waktu untuk keluarga, ekonomi. (3) Hasil dari upaya dalam membangun motivasi belajar anak yaitu anak-anak yang baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Sii Joharia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Sep 2016 09:44
Last Modified: 15 Sep 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum