STRATEGI MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MUHAMMADIYAH TAWANGSARI SUKOHARJO

PRIMA ARIASTI NIM. 04410692, (2009) STRATEGI MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MUHAMMADIYAH TAWANGSARI SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis tentang strategi yang digunakan oleh sekolah dan guru dalam membangkitkan atau meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar lebih efektif dan efisien dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) srategi yang digunakan oleh madrasah adalah a) setiap akhir semester siswa yang menempati rangking kelas dari urutan satu sampai tiga diumumkan dipapan pengumuman, b) siswa yang menempati prestasi rangking satu pada setiap semester diberikan bea siswa untuk satu masa semester berikutnya, c) siswa yang unggul prestasinya selalu diikut sertakan dalam seleksi penerimaan beasiswa bakat dan minat dari Departemen Pendidikan Nasional. 2) strategi yang dilakukan oleh guru adalah a) stategi umum yaitu menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari fiqih, mendorong siswa untuk memandang belajar fiqih sebagai tunas yang tidak harus serba menekan, mendorong semangat kerja sama. b) strategi khusus yaitu menggunakan pendekatan hubungan manusiawi serta menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi pelajaran. 3 ) kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran yaitu a) fasilitas alat peraga kurang memadai, b) kondisi siswa yang kurang siap dalam menghadapi pelajaran. 4) tanggapan sekolah terhadap pencapaian nilai fiqih yaitu dengan strategi yang telah diterapkan sekolah mengharapkan siswa akan memperoleh nilai fiqih diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H Abdul Shomad, MA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi, Belajar, Fiqih
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item