PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

M NURIL ANWAR, NIM. 10411051 (2016) PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10411051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10411051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

M. Nuril Anwar. Pemikiran Hasan Langgulung tentang Konsep Pengembangan Kepribadian Peserta Didik dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini berawal dari permasalahan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di lembaga sekolah yang berorientasi kepada pembentukan dan pengembangan kepribadian peserta didik, namun pada pelaksanaannya masih menekankan pada proses kognitif saja. Akibatnya hasil dari pendidikan menjadikan peserta didik kurang bermoral. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai macam kenakalan dari kenakalan biasa hingga tingkat ekstrem. Oleh karena itu permasalahan tersebut perlu mendapat perhatian yang serius. Pemikiran Hasan Langgulung sangat relevan dengan orientasi Pendidikan Agama Islam tersebut. Pemikirannya telah mampu menerobos dan memberikan solusi atas permasalahan yang sedang berusaha dicari problem solving-nya. Berangkat dari permasalahan tersebut yang menjadi permasalahan adalah bagaimana pemikiran Hasan Langgulung tentang konsep pengembangan kepribadian peserta didik dan bagaimana relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berdasarkan studi kepustakaan (Library Research) dengan mengambil subyek seorang tokoh pemikir kontemporer abad ke-20 dan 21, yakni Hasan Langgulung. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Metode berpikir dalam analisis data penelitian ini adalah bersifat induktif, yaitu dengan menghimpun dan menggabungkan kata-kata khusus menjadi kesatuan informasi. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan psikologi Islam. Hasil penelitian menunjukkan: Pemikiran Hasan Langgulung dalam pengembangan kepribadian peserta didik adalah dengan cara melakukan pendidikan makro dan mikro. Namun sebelum itu , yang dilakukan pertama kali adalah reorientasi pendidikan Islam karena pendidikan Islam di Indonesia masih terjebak dengan menggunakan sistem pendidikan para penjajah dan hanya disempurnakan dengan pola pikir konvensional yang hanya melengkapi kekurangannya saja. Oleh karena itu perlu melakukan peralihan paradigma dengan bentuk Islamisasi sains. Setelah itu harus melakukan restrukturalisasi keseluruhan sistem dengan sebaik-baiknya. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pendidikan makro dan mikro. Pelaksanaan pendidikan makro dan mikro ini merupakan inti dari cara pengembangan kepribadian peserta didik. Untuk mendukung hal tersebut maka perlu adanya pengembangan pendidikan serta tidak mengesampingkan modernisasi agar peserta didik disamping memiliki kepribadian yang telah berkembang menjadi karakter juga memiliki sumber daya manusia yang unggul. Oleh karenanya perlu adanya penilaian kepribadian kepada peserta didik secara berkala. Keberhasilan pengembangan kepribadian peserta didik ditandai dengan kegemaran peserta didik untuk melakukan amal saleh hingga menjadi sebuah karakter di dalam dirinya. Relevansi pemikiran Hasan Langgulung tentang pengembangan kepribadian terhadap Pendidikan Agama Islam yaitu terletak pada; (1) Tujuan pendidikan. (2) Kurikulum Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman Ss, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Hasan Langgulung, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Aug 2016 10:56
Last Modified: 10 Aug 2016 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum