PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA, NGAGLIK, SLEMAN

Siti Khanifah, NIM. 12480020 (2016) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA, NGAGLIK, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA, NGAGLIK, SLEMAN)
12480020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA, NGAGLIK, SLEMAN)
12480020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah guru yang profesional itu harus memiliki lima kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi kepemimpinan. Dalam kenyataannya masih banyak guru yang belum menjalankan kelima kompetensi tersebut. Dari 2,92 juta guru di Indonesia baru sekitar 51% yang berpendidikan S-1 atau lebih, sedangkan sisanya belum berpendidikan S-1. Begitu pun dari persyaratan sertifikasi hanya 2,06 juta guru atau sekitar 70,5% guru yang memenuhi syarat. Sedangkan 861.67 guru lainnya belum memenuhi syarat sertifikasi. Selain itu untuk dapat mengetahui mutu dan kualitas guru di Indonesia dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata Ujian Kompetensi Guru (UKG). Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 menguji kompetensi guru untuk dua bidang kompetensi yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Rata-rata nasional hasil UKG 2015 untuk kedua bidang kompetensi itu adalah 53,02 sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai di angka 55. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa profesionalisme guru di Indonesia masih kurang. Untuk meningkatkan profesionalisme guru di Indonesia, peran kepala madrasah sangat dibutuhkan. Kepala madrasah merupakan figur utama yang memiliki peran dalam memberikan motivasi kepada guru. Penelitian ini difokuskan pada persoalan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda dan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket yang sifatnya sebagai pendukung. Tekhnik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda yaitu melalui pengaturan lingkungan fisik madrasah, pengaturan suasana kerja, pembinaan disiplin guru, pemberian dorongan kepada guru dan pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi, (2) profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda mengalami peningkatan, hal tersebut terbukti dengan semakin tertibnya administrasi pembelajaran, penggunaan strategi dan media pembelajaran, serta peningkatan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kepala madrasah, motivator, profesionalisme guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:26
Last Modified: 11 Aug 2016 01:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21586

Actions (login required)

View Item View Item