UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN

Rohmatul Laelah, NIM. 12480022 (2016) UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN)
12480022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN)
12480022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya kemerosotan moral bangsa yang salah satu penyebabnya adalah sistem pendidikan yang dinilai lebih mementingkan pengetahuan dan mengabaikan pada emosi dan etika pergaulan dan lebih jauh lagi pendidikan mematikan kreatifitas dan inovasinya serta tidak didasari dengan penanaman perilaku yang baik. Pendidiakn agama sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam upaya penanaman nilai karakter melalui kegiatan keagamaan pada siswa, hasil penanaman nilai karakter melalui kegiatan keagamaan, dan faktor yang dapat menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan penanaman karakter di MI Ma’arif Bego. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dan pengembangan bagi sekolah, guru dan orang tua dalam menanamkan nilai karakter pada anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan megambil data di MI Ma’arid Bego Sleman. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah; 1) menelaah seluruh data; 2) mereduksi data; 3) menyusun data dalam satu kesatuan; 4) kategorisasi; 5) triangulasi data. Teknik keabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya penanaman nilai karakter pada siswa melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MI MA’arif Bego digolongkan menjdadi beberapa bentuk kegiatan antara lain; 1) kegiatan ekstrakulikuler meliputi hadroh, qiroah, dan pencak silat; 2) kegiatan pembiasaan rutin meliputi tahfidz, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, infaq, dan hafalan asmaul husna; dan 3) kegiatan pembiasaan terprogram meliputi mujahadah, pengajian ahad pagi, idhul qurban, PHBI, dan lomba keagamaan. Hasil dari penanaman nilai karakter antara lain adalah jujur, disiplin, mandiri, kreatif, peduli sosial, kerja keras, tanggung jawab, peduli lingkungan, demokratis, religius, dan komunikatif. Penanaman nilai karakter di MI Ma’arif Bego terlaksanan dengan baik karean adanya perencanaan yang matang, kerjasama sengan semua warga sekolah dan masyarakat, adanya reward and punishment, dan keteladanan oleh para guru dan karyawan. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nur Hidayat, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kegiatan keagaaman, siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:33
Last Modified: 11 Aug 2016 01:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item