PENGEMBANGAN MODEL ALAT PERAGA MATEMATIKA TANGGA KONVERSI MATERI SATUAN PENGUKURAN UNTUK SISWA MI/SD

Ilham Bagus Prayogo, NIM : 12480033 (2016) PENGEMBANGAN MODEL ALAT PERAGA MATEMATIKA TANGGA KONVERSI MATERI SATUAN PENGUKURAN UNTUK SISWA MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL ALAT PERAGA MATEMATIKA TANGGA KONVERSI MATERI SATUAN PENGUKURAN UNTUK SISWA MI/SD)
12480033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL ALAT PERAGA MATEMATIKA TANGGA KONVERSI MATERI SATUAN PENGUKURAN UNTUK SISWA MI/SD)
12480033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui langkah mengembangkan model alat peraga pembelajaran Matematika tangga konversi satuan untuk siswa SD/MI materi satuan pengukuran. (2) Mengetahui kelayakan alat peraga tangga konversi satuan pada pembelajaran matematika siswa SD/MI materi satuan pengukuran menurut reviewer. (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap alat peraga tangga konversi materi satuan pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Develoment). Prosedur penyusunan alat peraga matematika terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji terbatas dan revisi, produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan untuk melihat kelayakan alat peraga matematika ini dengan menggunakan lembar angket. Alat peraga divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media kemudian dinilai oleh 2 orang guru matematika dan direspon 10 siswa kelas V MIN Yogyakarta I melalui uji terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kategori penilaian ideal. Hasil penilaian alat peraga matematika tangga konversi yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 31 dan rata-rata 31 (2) Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan skor 38 dan rata-rata 38 (3) Berdasarkan penilaian dua peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 153 dan rata-rata 76,5 (4) Berdasarkan penilaian dua guru Matematika adalah Baik dengan skor 146 dan rata-rata 73 (5) Berdasarkan respon 10 siswa kelas V MIN Yogyakarta I adalah positif dengan skor rata-rata 8. Sehingga produk yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan, alat peraga matematika, tangga konversi satuan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:00
Last Modified: 11 Aug 2016 07:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item View Item