IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Desiana Wahyuni, NIM. 12480034 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12480034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12480034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan tematik terpadu dengan pendekatan saintifik dalam kegiatan inti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Yogyakarta II. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu yang meliputi perencanaan, pelaksanaaan, penilaian, hambatan, serta upaya mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu Kepala MIN Yogyakarta II, guru kelas IV, siswa kelas IV, sedangkan objeknya yaitu implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MIN Yogyakarta II. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dengan triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP menjabarkan langkah-langkah kegiatan dengan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik tetapi pelaksanaannya belum maksimal. Guru juga belum menggunakan penilaian autentik secara maksimal. Dan guru jarang menggunakan instrumen dan rubrik penilaian. Hambatan yang dialami guru dalam implementasi pendekatan saintifik meliputi hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik terpadu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Aug 2016 14:14
Last Modified: 11 Aug 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum