PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MIN JEJERAN BANTUL

Suherni, NIM : 12480035 (2016) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MIN JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MIN JEJERAN BANTUL)
12480035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MIN JEJERAN BANTUL)
12480035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan salah satunya adalah bergantung pada Kepala Madrasah sebagai supervisor akademik. Kepala Madrasah mempunyai peran penting dalam pengelolaan pendidikan untuk memberikan supervisi dan membimbing guru. Supervisi yang dilakukan kepala madrasah bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru. Upaya meningkatkan profesionalitas guru akan berdampak pada tercapainya visi, misi dan tujuan dari madrasah. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan profesionalitas guru di MIN Jejeran Bantul, (2) Bagaimana upaya kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan profesionalitas guru di MIN Jejeran Bantul, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik di MIN Jejeran Bantul dalam meningkatkan profesionalitas guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang memanfaatkan dari sumber lain, agar data yang diperoleh saling melengkapi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan profesionalitas guru melakukan monitoring, perbaikan dan peningkatan profesionalitas guru. Kepala madrasah berupaya meningkatkan profesionalitas guru dengan teknik kelompok dan teknik individu. Tugas dan tanggung jawab menjadi faktor yang paling mendukung terlaksananya supervisi akademik madrasah. Kompetensi guru yang heterogen merupakan faktor pengambat terlaksananya supervisi akademik oleh kepala madrasah di MIN Jejeran Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedyo Santosa, SS, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Supervisi akademik, peran kepala madrasah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 01:36
Last Modified: 12 Aug 2016 01:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item