UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN

RABIATUL ADAWIYAH SIREGAR NIM. 04410712, (2009) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al-Quran siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean Sleman serta faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII belum mampu membaca al-Quran dengan baik dan benar beserta hasil yang dicapai. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran yang lebih bermutu, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisa yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran al-Quran atau lebih dikenal dengan Teaching Quran (TQ) yang dilaksanakan di MTs Negeri Godean ini merupakan salah satu usaha dari tahun ke tahun yang dilakukan madrasah untuk melatih dan mengembangkan kemampuan membaca al-Quran pada seluruh siswanya berdasarkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anak. (2) Upaya yang dilakukan madrasah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran pada siswa kelas VIII di madrasah tsanawiyah negeri godean melalui proses pembelajaran al-Quran dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa yang sangat minim dalam membaca al-Quran. Sebagai proses pendidikan pembelajaran al-Quran juga meliputi unsur-unsur pendidikan yakni perumusan Tujuan, Kurikulum, Materi, Guru dan Siswa, Metode, Alokasi waktu, Sarana dan Media serta Evaluasi pembelajaran (3) Faktor yang menyababkan siswa kelas VIII belum mampu membaca al-Quran dengan baik dan benar adalah: a) Minat dan Motivasi yang rendah untuk belajar membaca al-Quran, b) Keluarga (orang tua) yang kurang memperhatikan perkembangan pendidikan anak dan lingkungan yang kurang mendukung, 3) Hasil yang dicapai dalam pembelajaran al-Quran di madrasah tsanawiyah negeri godean ini dapat dikategorikan belum memuaskan karena belum dapat mencapai tujuan yang diinginkan dari madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Membaca, Al-Qur'an, MTsN Godean
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item