PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN

Muhamad Ridwan, NIM : 12480036 (2016) PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN)
12480036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN)
12480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kasus kekerasan atau tawuran antar peserta didik setiap tahunnya, mengindikasikan bahwa pendidikan hanya mengedepankan bidang keilmuan dan kecerdasan peserta didik. Hal ini menunjukan kurangnya pendidikan karakter pada lembaga pendidikan formal. Pendidikan Pramuka hadir dalam bentuk kegiatan ektrakurikuler pramuka yang bertujuan menjadikan peserta didik sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggungjawab, dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. Penelitian ini mengkaji : (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan ektrakurikuler pramuka. (2) upaya-upaya pembina pramuka dalam menanamkan pedidikan karakter pada peserta didik di SD Idea Baru Kalasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) yang mengunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di SD Idea Baru Kalasan jalan Solo Km.12 Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian ini meliputi : metode observasi, metode interview (wawancara), metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif dan menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Verifikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari data-data yang telah terkumpul di lapangan. Hasil penelitian menunjukan nilai-nilai pendididkan karakter uang ditemukan pada kegiatan ektrakurikuler pramuka yaitu: (1) keagamaan/religius, (2) kejujuran, (3) toleransi atau menghargai antar sesama, (4) kedisiplinan, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) kemandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat atau komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan atau cinta alam, (17) peduli sosial, dan (18) tanggung jawab. ; kedua, upaya pembina ektrakurikuler pramuka dalam menanamkan yaitu dilakukan dengan mengunakan sistem Among dengan metode pendidikan karakter yaitu demokrasi, pencarian bersama, peserta didik aktif, keteladanan dan live in.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedyo Santosa, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ektrakurikuler Pramuka, Nilai-nilai Karakter, Sistem Among
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:46
Last Modified: 12 Aug 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum