UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HUDA KELAS II A SEMESTER II KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nurhidayah Eko Budi Utami, NIM: 12480037 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HUDA KELAS II A SEMESTER II KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HUDA KELAS II A SEMESTER II KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12480037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HUDA KELAS II A SEMESTER II KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12480037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (717kB)

Abstract

Berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang berkembang pada kehidupan anak, dan pada masa tersebutlah kemampuan berbicara atau berujar dipelajari. Berbicara sudah barang tentu berhubungan erat dengan perkembangan kosa kata yang diperoleh oleh sang anak. Kebelum matangan dalam perkembanganbahasa juga merupakan suatu keterlambatan dalam kegiatankegiatan berbahasa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistik menggunakan metode talking stick sehingga bisa meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di kelas II MI Al-Huda Yogyakarta, dan (2) apakah pendekatan realistik menggunakan metode talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terhadap 30 peserta didik di kelas II A sebanyak 15 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan realistik menggunakan metode talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik terbukti dengan persentase yang meningkat pada tiap siklusnya, yaitu 53, 17% pada siklus I, 62,67% pada siklus II, dan 75% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, pendekatan realistik, talking stick.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 01:52
Last Modified: 12 Aug 2016 01:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item