KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DENGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1B MIN TEMPEL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan Islam Disusun oleh: Halimatu Khoirun Nisa’ NIM : 12480040 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016

Halimatu Khoirun Nisa’, NIM : 12480040 (2016) KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DENGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1B MIN TEMPEL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan Islam Disusun oleh: Halimatu Khoirun Nisa’ NIM : 12480040 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DENGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1B MIN TEMPEL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh)
12480040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DENGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1B MIN TEMPEL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh)
12480040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi pembelajaran merupakan elemen yang sangat krusial pada proses pembelajaran. Proses komunikasi pembelajaran tersebuat akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran di kelas IB MIN Tempel, Yogyakarta masih didapati 25 siswa dari 32 siswa yang kesulitan dalam berkomunikasi, sehingga sangat berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif berkomunikasi, berani mengungkapkan pendapat, dan mencoba, salah satunya dengan menggunakan metode komunikasi yang tepat. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk komunikasi guru dengan siswa yang terjadi di kelas IB MIN Tempel Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan cara menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. Analisis data dilakukan dengan metode analisis yang bersifat deskriptifkualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk komunikasi pembelajaran guru dan siswa meliputi empat bentuk komunikasi yaitu komunikasi publik, komunikasi kelompok, komunikasi interpersonal dan komunikasi dengan media. Adapun bentuk komunikasi yang lebih dominan sekitar 70% terjadi pada proses pembelajaran di kelas IB MIN Tempel Yogyakarta adalah komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M. Pd. I,
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pembelajaran, Pembelajaran tematik SD/MI, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:25
Last Modified: 12 Aug 2016 02:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21604

Actions (login required)

View Item View Item