PENGEMBANGAN BUKU FIKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD

Agustina Kusumawati, NIM : 12480043 (2016) PENGEMBANGAN BUKU FIKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU FIKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Syarat Mempe)
12480043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU FIKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD)
12480043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah melihat fakta di lapangan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Berdasarkan data United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2012, indeks minat baca masyarakat Indonesia baru mencapai angka 0,001. Pada observasi lapangan, diketahui bahwa peserta didik tidak berminat untuk membaca buku pelajaran dan lebih tertarik membaca buku fiksi. Padahal alokasi waktu untuk belajar di dalam kelas yang sangat terbatas menuntut peserta didik untuk rajin membaca buku pelajaran. Apabila hal ini dibiarkan, akan berdampak pada tidak tercapainya kompetensi yang diharapkan.Agar peserta didik memiliki motivasi belajar dan mampu menguasai materi pembelajaran, maka perlu adanya sumber belajar yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku fiksi sebagai sumber belajar alternatif pada pembelajaran tematik tema berbagai pekerjaan sub tema satu untuk peserta didik kelas IV MI/SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah wali kelas IV dan peserta didik kelas IV MI/SD. Uji coba lapangan pada penelitian ini dilaksanakan di MIN Yogyakarta I. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penghitungan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian,produk buku fiksi yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar. Kelayakan buku fiksi telah dinilai oleh 3 peer reviewer, 3 dosen ahli, dan 2 wali kelas IV MI/SD serta direspon oleh 10 peserta didik kelas IV MI/SD. Penilaian produk buku fiksi yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian 3 peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 93. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 33. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan jumlah skor 23. Berdasarkan ahli bahasa adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 41. Berdasarkan 2 wali kelas IV MIN Yogyakarta I adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 93,5. Berdasarkan hasil perhitungan uji respon oleh 10 peserta didik kelas IV MIN Yogyakarta I, buku fiksi mendapatkan respon positif dengan hasil persentase keidealan 93,07%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Pengembangan, Buku Fiksi, Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:36
Last Modified: 12 Aug 2016 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item View Item