UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS PESERTA DIDIK KELAS III DAN V MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016)

Lailatul Munawwaroh, NIM : 12480044 (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS PESERTA DIDIK KELAS III DAN V MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS PESERTA DIDIK KELAS III DAN V MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016))
12480044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS PESERTA DIDIK KELAS III DAN V MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016))
12480044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang sikap yang harus dimilki oleh peserta didik adalah akhlak mulia. Adab peserta didik terhadap guru juga merupakan bagian dari akhlak mulia yang harus dimiliki oleh peserta didik. Dengan dimilikinya adab peserta didik terhadap guru maka akan membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan menghormati orang lain. Dewasa ini adab peserta didik terhadap guru yang merupakan budaya leluhur sudah dilupakan oleh sebagian orang, dimana kurangnya peserta didik menjunjung tinggi nilai-nilai hormat menghormati, kurangnya sikap orang muda menghormati yang lebih tua. Indikator tersebut merupakan salah satu tanda adanya krisis hormat kepada yang lebih tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus terhadap 6 peserta didik di MI Muhammadiyah Taksombang Manisrenggo Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitiannya adalah tiga peserta didik kelas III, tiga peserta didik kelas V, guru, beberapa teman informan dan kepala sekolah di MI Muhammadiyah Taksombang Manisrenggo Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pendapat guru tentang adab peserta didik terhadap guru, adab peserta didik kelas III dan V terhadap guru, upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik terhadap guru, kemudian faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik terhadap guru. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pendapat guru mengenai adab peserta didik terhadap guru beragam; (2) Adab peserta didik kelas III terdapat dua macam yakni, sudah membudaya dan kurang diharapkan oleh guru; (3) Adab peserta didik kelas V juga terdapat dua macam yakni, sudah membudaya dan kurang diharapkan oleh guru; (4) Upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik, sosialisasi ketika upacara, berjabat tangan dengan guru, integrasi dalam pembelajaran bahasa jawa, integrasi dalam pembelajaran akidah akhlak dan PKN, contoh atau teladan, teguran, dipanggil secara pribadi, hukuman; (4) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik yakni persamaan bahasa, faktor penghambatnya yaitu, dukungan orang tua yang kurang, perbedaan perlakuan di rumah dan di sekolah, fakor lingkungan dan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan Adab, Peserta Didik dan Guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:46
Last Modified: 12 Aug 2016 02:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item