PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Melly Anggraeni, NIM. 12480047 (2016) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru IPA, 2) motivasi belajar IPA peserta didik di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten, 3) Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data utama menggunakan metode angket. Sebagai pendukung data utama menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dilanjutkan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan perhitungan dengan standar skala lima dari hasil angket termasuk dalam kategori cukup. Namun demikian, berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan peserta didik menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik mempunyai persepsi bahwa kompetensi pedagogik guru IPA sudah baik, 2) Motivasi belajar IPA peserta didik di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan perhitungan dengan standar skala lima dari hasil angket termasuk dalam kategori cukup. Namun demikian, berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar IPA peserta didik adalah tinggi, 3) Ada pengaruh antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,925  1,687), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M. Pd. Si.,
Uncontrolled Keywords: Persepsi peserta didik, kompetensi pedagogik guru, dan motivasi belajar IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:56
Last Modified: 23 Jan 2017 05:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item