FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DISRUPTIVE BEHAVIOR (PERILAKU MENGGANGGU) SAAT PEMBELAJARAN DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG

Lismah Rachmawati, NIM : 12480054 (2016) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DISRUPTIVE BEHAVIOR (PERILAKU MENGGANGGU) SAAT PEMBELAJARAN DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DISRUPTIVE BEHAVIOR (PERILAKU MENGGANGGU) SAAT PEMBELAJARAN DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG)
12480054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DISRUPTIVE BEHAVIOR (PERILAKU MENGGANGGU) SAAT PEMBELAJARAN DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH TASKOMBANG)
12480054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu dari permasalahan yang muncul di madrasah ibtidaiyah adalah adanya disruptive behavior (perilaku yang mengganggu). Jika permasalahan tersebut tidak ditangani dengan baik maka akan menjadi hambatan dan kesulitan tersendiri pada individu yang bersangkutan untuk dapat well adjusment. Perilaku mengganggu di kelas disebabkan dari faktor dalam rumah, masyarakat dan sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk disruptive behavior (perilaku mengganggu) saat pembelajaran di kelas, dan (2) faktor penyebab munculnya disruptive behavior (perilaku mengganggu) peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Taskombang yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus terhadap 3 peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Taskombang, orangtua, beberapa peserta didik, guru dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku mengganggu dari peserta didik, diantaranya ada pada tingkat I, II dan III. Serta faktor yang menyebabkan perilaku mengganggu saat pembelajaran di kelas yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Lingkungan keluarga diantaranya 1) kurangnya perhatian orang tua, 2) penerapan disiplin di rumah, 3) pemberian hadiah/hukuman, 4) pola asuh yang diterapkan orang tua, 5) relasi antara orang tua dan anak, 6) permasalahan orang tua terkait dengan pernikahan. Lingkungan sekolah diantaranya 1) guru, 2) kurikulum, 3) pengaruh teman sebaya, 4) penerapan disiplin sekolah, 5) sarana dan fasilitas belajar di sekolah dan lingkungan masyarakat adalah teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Disruptive Behavior (Perilaku Mengganggu), Faktor Penyebab.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:34
Last Modified: 23 Nov 2016 01:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item View Item