PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER I SD/MI SKRIPSI

Galuh Sandra Pangesti, NIM. 12480057 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER I SD/MI SKRIPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER I SD/MI SKRIPSI)
12480057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER I SD/MI SKRIPSI)
12480057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan smart disk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V semester 1 di MI Ma’arif Patalan; (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan smart disk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V semester 1 di MI Ma’arif Patalan; (3) mengetahui respon siswa terhadap hasil pengembangan smart disk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V semester 1 di MI Ma’arif Patalan; dan (4) mengetahui kelebihan dan kekurangan smart disk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V semester 1 di MI Ma’arif Patalan. Penelitian ini, merupakan penelitian Research & Devolepment dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap ketujuh. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar skala penilaian. Media pembelajaran ini dinilai oleh ahli materi, ahli media, 2 peer reviewer, dan 2 guru IPS. Media pembelajaran ini juga direspon oleh 27 siswa kelas V MI Ma’arif Patalan melalui metode check list. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kuantitatif kemudian diubah menjadi data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis pada tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu tersusunnya media pembelajaran smart disk IPS dengan materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Hasil penelitian dari ahli materi adalah Sangat Baik dengan rata-rata 4,92. Berdasarkan penilaian peer reviewer 1 adalah Sangat Baik dengan jumlah skor 89 dan rata-rata 4,45. Berdasarkan penilaian peer reviewer 2 adalah Sangat Baik dengan rata-rata 4,75. Berdasarkan penialaian guru IPS kelas V adalah Baik dengan rata-rata 3,80. Berdasarkan penilaian guru IPS kelas VI adalah Baik dengan rata-rata 4,00, sehingga media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan respon 27 siswa kelas V MI Ma’arif Patalan adalah 100% siswa merespon positif dengan skor rata-rata 13,33. Kelebihan media pembelajaran ini yaitu dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa, membantu kesulitan siswa pada saat belajar mata pelajaran IPS, khususnya pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia, dapat digunakan secara mandiri oleh siswa, dan juga awet penggunaannya. Kekurangannya yaitu pada bagian gambar ke34 suku, kerapatan warna kurang jelas, berat ketika diangkat, namun masih tetap tidak terlalu berat untuk siswa kelas V SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj.Asnafiyah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Research & Devolepment, Media Pembelajaran, Smart Disk, IPS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:59
Last Modified: 12 Aug 2016 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item