PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI

Arafah Mailani NIM: 12480059, NIM. 12480059 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
12480059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
12480059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

dipelajari, mata pelajaran ini diberikan mulai dari Sekolah Dasar hingga tingkat menengah yakni SMP dan SMA hingga Perguruan Tinggi, yang menjadi latar belakang dari penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia yang membosankan kemudian kurangnya kesadaran belajar, dan hasil belajar Bahasa Indonesia yang masih rendah pada peserta didik kelas V di MI Sultan Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap sikap tanggung jawab dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode resitasi yang diperoleh dengan observasi, sedangkan variabel terikat adalah sikap tanggung jawab yang diperoleh dari angket dan hasil belajar Bahasa Indonesia yang diperoleh dari hasil UTS genap kelas V tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi yaitu kelas V MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta yang terdiri dari kelas VA dan VB sejumlah 53 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan metode resitasi yang digunakan pada proses pembelajaran termasuk pada kategori sedang sebesar 79,2%; (2) sikap tangung jawab yang dimiliki oleh peserta didik kelas V MI Sultan Agung tahun pelajaran 2015/2016 termasuk pada kategori sedang sebesar 64,2%; (3) presentase kelulusan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI Sultan Agung tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 66,04%; (4) tidak terdapat pengaruh antara penerapan metode resitasi terhadap sikap tanggung jawab peserta didik (5) terdapat pengaruh antara penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di MI Sultan Agung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Resitasi, Sikap Tanggung Jawab, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:08
Last Modified: 12 Aug 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

View Item View Item