UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN

Sutan Nur Istna Rachmawati, NIM . 12480061 (2016) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN)
12480061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN)
12480061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_2.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi dan situasi sosial, kultural masyarakat akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia. Hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan, tipisnya rasa solidaritas, telah terjadi dalam lembaga pendidikan kita. Sehingga pendidikan karakter menjadi semakin mendesak untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan kita mengingat berbagai macam perilaku menyimpang yang telah menyerambah dalam lembaga pendidikan kita. Di Indonesia sekarang, proses pendidikan yang dilakukan belum sepenuhnya berhasil dalam membangun masyarakat Indonesia yang berkarakter. Padahal pendidikan berfungsi memberikan kebebasan seseorang untuk mengembangkan dirinya sendiri sesuai dengan potensi yang dimiliki. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu program madrasah yang dilakukan melalui kegiatan pembinaan bakat dan minat di bidang olahraga yaitu pencak silat. Karena pencak silat mempunyai kelebihan dalam membina jiwa atau mental seseorang. Pencak silat juga merupakan ekstrakurikuler seni bela diri yang harus diajarkan pada anak-anak Indonesia untuk pembentukan karakter. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) apa saja nilai-nilai karakter yang dapat dibentuk melalui kegiatan pencak silat, 2) bagaimana upaya pelatih pencak silat dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa di MI Sultan Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atu responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) nilai-nilai karakter yang dapat dibentuk melalui kegiatan pencak silat adalah : a) nilai keagamaan, b) disiplin, c) bergaya hidup sehat, d) menghargai karya dan prestasi orang lain, e) percaya diri, f) kerja keras, dan g) cinta tanah air. 2) upaya pelatih pencak silat dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa di MI Sultan Agung yaitu dengan strategi pengintegrasian dalam kegiatan latihan rutin, yang meliputi : a) keteladanan dari pelatih, b) kegiatan spontan yang dikembangkan pelatih, dan c) kegiatan rutin terpola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Upaya Pembentukan Karakter, Ekstrakurikuler, Pencak Silat
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:40
Last Modified: 12 Aug 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item View Item