UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Marsiatun, NIM. 12480064 (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2015/2016)
12480064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru memegang peranan strategis sebagai pendidik terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai bangsa. Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Demikian juga dalam hal memberikan motivasi belajar bagi siswa. Motivasi perlu diberikan guna memberikan dorongan agar siswa dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Siswa yang memiliki motivasi yang besar akan dapat melaksanakan kegiatan pembelajarannya dengan sungguh-sungguh. Siswa kelas IV MIN Wonosari kurang termotivasi dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN Wonosari serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN Wonosari Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa MIN Wonosari kelas IV. Sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran, upaya-upaya, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN Wonosari. Adapun upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya menjelaskan tujuan belajar, memberikan pujian, memberikan hadiah, memberikan hukuman, menggunakan metode, dan memberikan semangat. Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan motivasi diantaranya lingkungan belajar yang mendukung, komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa, dan bahan ajar yang memenuhi standar kurikulum. Serta faktor penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kurangnya alokasi waktu, kurangnya motivasi belajar siswa, kemampuan siswa yang berbeda, media belajar yang belum optimal, serta lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedya Santoso, SS
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Motivasi, Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Aug 2016 11:50
Last Modified: 13 Aug 2016 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum