PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS II MI SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Latifah, NIM : 12480066 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS II MI SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS II MI SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12480066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS II MI SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12480066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebanyakan orang tua kurang memberi pelajaran Al-Qur’an pada anak karena orang tua sendiri tidak bisa membaca Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an merupakan salah satu materi yang harus diajarkan sejak dini agar anak terbiasa berdampingan dengan Al-Qur’an. Penerapan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran, untuk itu metode Yanbu’a digunakan di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Sunan Pandanaran agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan serta ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTAQ) siswa kelas II MI Sunan Pandanaran dan seberapa besar pengaruh penerapan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Quran siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yaitu seluruh siswa MI Sunan Pandanaran yang berjumlah 335 siswa. Sampel yang diteliti yaitu seluruh kelas II MI Sunan Pandanaran yang berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan responden siswa (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengujian validitas menunjukkan 15 butir soal angket penerapan metode Yanbu’a dan angket kemampuan BTAQ terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas diketahui bahwa reliabilitas instrumen penerapan metode Yanbu’a sebesar 0,642. Hasil tersebut dinyatakan reliabel karena lebih besar dari r table (0.2075). Hasil pengujian prasyarat analisis diketahui hasil uji normalitas pada angket penerapan metode Yanbu’a dan kemampuan BTAQ = 0,398 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal, hasil uji linieritas = 0,000 sehingga data dinyatakan linier. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat korelasi antara penerapan metode Yanbu’a (X) dengan BTAQ siswa (Y) pada penelitian ini dikategorikan sedang dengan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,510. Persamaan garis regresinya adalah Y= 37,409 + 0,334X. Besar pengaruh yang diberikan oleh penerapan metode Yanbu’a (X) terhadap kemampuan BTAQ siswa adalah sebesar 26%. Dengan analisis uji tregresi diketahui thitung = 7,868 sedangkan ttabel = 6,314 karena thitung (7,868) > ttabel (6,314) dan dengan uji signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas II MI Sunan Panadanaran”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Yanbu’a, Kemampuan Baca Tulis (BTAQ)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Aug 2016 05:01
Last Modified: 13 Aug 2016 05:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item