ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Septi Eka Wardani, NIM . 12480081 (2016) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016)
12480081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016)
12480081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Namun prestasi matematika peserta didik masih berada di papan bawah, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam matematika termasuk di MI Wahid Hasyim. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar dalam matematika yang dialami oleh peserta didik. Faktor kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal, namun dalam penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian kesulitan belajar matematika yang berasal dari faktor eksternal yaitu faktor keluarga, sekolah dan lingkungan sosial. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja aspekaspek kesulitan matematika yang dialami peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim tahun akademik 2015/2016, 2) apa saja faktor-faktor eksternal kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim tahun akademik 2015/2016, 3) bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim tahun akademik 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, angket, tes dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aspek-aspek kesulitan matematika di kelas V MI Wahid Hasyim terletak pada kelemahan pemahaman konsep dan kesalahan menghitung, 2) faktor eksternal kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim yaitu faktor orang tua, sekolah dan faktor lingkungan sosial. 3) upaya yang dilakukan guru di MI Wahid Hayim dalam mengatasi kesulitan belajar diantaranya melalui program remidial dan pengukuran prestasi belajar dan reevaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Luluk Maulu’ah, M. Si., M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Faktor Eksternal, Kesulitan Belajar, Matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:50
Last Modified: 15 Aug 2016 01:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item