Septi Eka Wardani, NIM . 12480081 (2016) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Skripsi thesis

Yulia Agustina, NIM .12480085 (2016) Septi Eka Wardani, NIM . 12480081 (2016) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Skripsi thesis. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Septi Eka Wardani, NIM . 12480081 (2016) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016.)
12480085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (Septi Eka Wardani, NIM . 12480081 (2016) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI WAHID HASYIM TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Skripsi thesis)
12480085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam memperoleh pelayanan pendidikan, termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Siswa yang memiliki kecerdasan istimewa berhak mendapat layanan pendidikan khusus sesuai dengan kebutuhan dan keunggulannya agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal, sehingga bakat kecerdasan yang dimiliki dapat dikembangkan dengan baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitiaan kualitatif. Subjek penelitian adalah wakilkepala urusan cerdas istimewa, guru kelas IIICI, wali kelas IIIC dan siswa kelas IIICI di SD Muhammadiyah Bodon. Objeknya adalah pelaksanaan program pengayaan bagi siswa cerdas istimewa kelas III. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) latar belakang program pengayaan cerdas istimewa yaitu adanya bakat yang berbeda yang dimiliki oleh siswa dan menjalankan pendidikan sesuai dengan undang-undang yang berlaku; (2) tujuan program pengayaan yaitu memberikan layanan kepada anak sesuai dengan apa yang dimiliki anak; (3) guru memandang bahwa anak cerdas istimewa adalah anak yang memiliki intelegensi yang tinggi dibanding dengan anak lainnya sehingga membutuhkan layanan pendidikan khusus; (4) proses rekrutmen siswa dilakukan oleh UKP UGM; (5) guru yang mengajar di kelas CI merupakan guru yang telah dipersiapkan melalui seleksi khusus; (6) kurikulum yang digunakan yaitu KTSP; (7) sumber belajar yang digunakan yaitu buku KTSP dan bahan ajar lain yang mendukung; (8) metode pembelajaran yang digunakan bersifat active leaning; (9) evaluasi pembelajaran berupa ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester; (10) kegiatan pembelajaran pada program pengayaan kelas CI terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; (11) kendala yang dialami guru yaitu anak cerdas istimewa yang lebih aktif dan jadwal program pengayaan yang berbeda degan jadwal di kelas reguler; (12) hasil dan dampak yang diperoleh dengan mengikuti program pengayaan yaitu kemampuan akademik dan wawasan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: anak berkebutuhan khusus, pendidikan layanan khusus, Cerdas Istimewa (CI), Pengayaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:58
Last Modified: 15 Aug 2016 01:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21623

Actions (login required)

View Item View Item