IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SENGKETA JUAL-BELI RUMAH DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA

HUSAIN ASMARA DM, NIM. 11340161 (2016) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SENGKETA JUAL-BELI RUMAH DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SENGKETA JUAL-BELI RUMAH DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA)
11340161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SENGKETA JUAL-BELI RUMAH DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA)
11340161_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Akibat dari banyaknya permintaan dan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal, membuat pembangunan perumahan di tanah air sangat meningkat khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat ini banyak para pengembang/developer memasarkan dan menjual produk property berupa rumah dengan konsep pre project selling yaitu sistem penjualan rumah dengan cara memesan terlebih dahulu atau dengan kata lain rumah yang menjadi objek jualbeli belum dibangun atau didirikan. Konsep ini mengandung beberapa resiko yang salah satu resikonya adalah sengketa jual-beli akibat spesifikasi atau masa pembangunan rumah tidak sesuai dengan apa yang ada di iklan, brosur, baliho atau leflet penawaran. Sehingga Implementasi Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, khususnya Perlindungan Konsumen di dalam Penyelesaian Sengketa Jual-Beli Rumah perlu dikaji lebih dalam lagi. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yakni data yang diperoleh dari lapangan akan diolah yang menghasilkan analisis data berupa pemaparan mengenai Implementasi Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di dalam Penyelesaian Sengketa Jual-Beli Rumah yang disajikan dalam bentuk uraian naratif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dilakukan langsung di Kantor BPSK, hal ini dimaksudkan agar peneliti dapat memperoleh informasi dan data dengan dunia nyata, sehingga dapat memformulasikan atau memanfaatkan hasil dengan sebaik mungkin dan memperoleh data atau informasi yang selalu terkini. Pelaksanaan Perlindungan Konsumen yang diatur dalam UU No 8 Tahun 1999 di dalam sidang mediasi penyelesaian sengketa yang dilaksanakan di BPSK Kota Yogyakarta dibagi dalam 2 tahap yaitu; sebelum jalannya sidang dan di dalam proses jalannya sidang. Perlindungan yang diberikan sebelum jalannya sidang yaitu dengan memberikan pelayanan dalam menerima laporan dan gugatan konsumen, pemanggilan pelaku usaha, pemilihan metode yang digunakan dalam penyelesaian sengketa dan penunjukan majelis sidang penyelesaian sengketa, hal tersebut merupakan pelaksanaan prinsip dasar perlindungan konsumen serta peraturan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang dalam Implementasinya sudah sesuai dengan Hak Konsumen, Kewajiban Pelaku Usaha dan Perbuatan Pelaku Usaha yang dilarang. Adapun kendala yang muncul didalam penyelesaian sengketa jual-beli rumah yaitu molornya waktu penyelesaian sengketa yang diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 55 yang menyatakan penyelesaian sengketa harus diselesaikan selambatnya 21 hari kerja. Selain itu, UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen tidak memberikan wewenang kepada BPSK sebagai lembaga penyelesaian sengketa konsumen untuk mengawasi dan mengeksekusi Putusan Sidang yang sudah dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ISWANTORO, S.H., M.H. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M. Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Aug 2016 13:38
Last Modified: 16 Aug 2016 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum