PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK DALAM PERSPEKTIF HUKUM

LUTHFI AL HARIS, NIM.12340002 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK DALAM PERSPEKTIF HUKUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK DALAM PERSPEKTIF HUKUM)
12340002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK DALAM PERSPEKTIF HUKUM)
12340002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya perpindahan masyarakat sebagai akibat dari globalisasi mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan layanan transportasi. Namum tingginya kebutuhan akan layanan transportasi saat ini tidak diimbangi dengan penyediaan sarana angkutan umum yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan ketidakmampuan sarana angkutan umum dalam memenuhi kebutuhan sarana transportasi berusaha dipenuhi oleh kehadiran ojek yang mengisi celah antara kebutuhan dan ketersediaan angkutan umum. Pemanfaatan sepeda motor sebagai angkutan umum akan memberikan akibat seperti harus adanya perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen pengguna jasa angkutan ojek. Keberadaan sepeda motor sebagai angkutan umum (ojek) yang mampu memberikan pengaruh sosial-ekonomi di lain sisi telah diatur dengan tegas dalam Pasal 47 ayat (3) Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menyatakan bahwa sepeda motor tidak termasuk ke dalam kendaraan bermotor umum yang digunakan sebagai angkutan umum. Penelitian ini untuk menjawab persoalan mengenai perlindungan konsumen yang diberikan kepada pengguna angkutan ojek serta bagaimana hukum menyikapi kehadiran sepeda motor sebagai angkutan umum yang telah menjadi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Yogyakarta dan bersifat yuridis-empiris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuesioner. Selain menggunakan metode kuesioner, peneliti juga menggunakan metode wawancara dan pengumpulan data di lapangan dan pengumpulan data sekunder. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kehadiran sepeda motor sebagai angkutan umum (ojek) telah mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap kehidupan sosial-ekonomi terhadap masyarakat khususnya pengemudi ojek. Kehadiran ojek mampu menyerap ribuan tenaga kerja yang pada akhirnya mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dari segi perlindungan hukum, perlindungan yang diberikan kepada pengguna angkutan ojek masih begitu lemah dengan tidak terpenuhinya hak konsumen seperti keselamatan dan hak atas informasi yang benar seperti tarif yang berlaku. Hingga saat ini belum ada sikap hukum yang jelas memberikan kepastian hukum baik kepada pengemudi maupun penumpang ojek mengenai status pengoperasian ojek sebagai angkutan umum yang legal dan kepastian mengenai perlindungan hukum pengemudi maupun penumpang ojek. Perlu dibentuk peraturan perundang-undangan untuk mengatur pengoperasian sepeda motor sebagai angkutan umum untuk memberikan perlindungan bagi penumpang maupun pengemudi ojek itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. BUDI RUHIATUDIN, S.H., M.Hum. 2. LINDRA DARNELA, S.Ag., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Aug 2016 14:23
Last Modified: 16 Aug 2016 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum