TINJAUAN YURIDIS PELAYANAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI UMUM TRANS JOGJA

SULHAN MA’ARIF, NIM. 12340003 (2016) TINJAUAN YURIDIS PELAYANAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI UMUM TRANS JOGJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS PELAYANAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI UMUM TRANS JOGJA)
12340003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS PELAYANAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI UMUM TRANS JOGJA)
12340003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Transportasi atau pengangkutan merupakan bidang kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya letak geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau-pulau besar dan kecil sehingga memerlukan transportasi untuk menjangkau seluruh wilayahnya. Selain itu juga bahwa pentingnya kebutuhan alat transportasi untuk menunjang aktifitas masyarakat di segala bidang. Seperti halnya di Kota Yogyakarta yang menggunakan transportasi umum bus kota dan bus Trans Jogja yang merupakan Bus Rapid Transit atau sistem bus cepat, murah, dan ber-AC dan merupakan salah satu bagian dari program yang dicanangkan oleh Pemda DIY dan Dinas Perhubungan DIY. Untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat maka pengelola dari Trans Jogja harus mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Undangundang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa hal yang belum terpenuhi dari apa yang telah ditentukan dalam undang-undang tadi dan keluhan dari masyarakat pengguna jasa Trans Jogja. Maka dari itu untuk mengetahui sejauh mana pengelola Trans Jogja menjalankan sesuai dengan ketentuan Undang-undang tersebut perlu diadakan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang dilakukan di PT.Anindya Mitra Internasional sebagai operator utama, PT.Jogja Tugu Trans sebagai operator existing dan di Dinas Perhubungan DIY. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan kuisioner yang dibagikan ke penumpang Trans Jogja. Dalam menganalisa data hasil penelitian penyusun mengolah data primer dan sekunder, selanjutnya dianalisa secara kualitatif dan dilakukan pembahasan yang kemudian menghasilkan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pengelola Trans Jogja tidak sesuai dengan Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Karena masih ada beberapa aspek kaitannya dengan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan serta kaitannya dengan Standar Pelayanan Minimal yang ada di dalam UULAJ yang belum dapat dilaksanakan. Hal ini dikarenakan sebagian besar armada bus Trans Jogja sudah berumur tua (sekitar 7 sampai 8 tahun). Kemudian jika ditinjau berdasarkan Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bahwa Standar Pelayanan Minimal yang dilaksanakan oleh PT Anindya Mitra Internasional kaitannya dengan standar keselamatan, keamanan, dan kenyamanan tidak memberikan hak-hak konsumen. Hal ini karena masih ada beberapa poin yang belum dapat dilaksanakan sepenuhnya yaitu seperti fasilitas bus yang telah diwajibkan dalam SPM seperti tidak adanya alat pemadam api ringan dan kotak P3K di beberapa armada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Sri Wahyuni, M.Ag., M.Hum. 2. Faisal Luqman Hakim, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Aug 2016 14:38
Last Modified: 16 Aug 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum